Advertisement

Penyakit yang Biasa Terjadi di Karburator Motor

Jumali
Minggu, 30 Januari 2022 - 17:47 WIB
Jumali
Penyakit yang Biasa Terjadi di Karburator Motor Proses perakitan Honda PCX dengan tampilan terbaru yang dilakukan karyawan PT Astra Honda Motor di Plant Sunter, Jakarta Utara (10/2)./ Ist - AHM

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJA - Karburator motor memiliki usia pemakaian. Agar karburator tetap prima, maka Anda harus rutin memeriksa. Jika terjadi kerusakan maka pilihannya adalah diperbaiki atau ganti dengan yang baru.

Berikut persoalan yang sering terjadi pada karburator :

Advertisement

- Skep macet di badan karburator

Jika skep macet di badan karbu dan susah turun biasanya tekanan mur ke intake manifold terlalu kencang hingga rumah skep ketarik. Buat antisiapasi, coba pakai ampelas halus gosok sisi depan-belakang rumah skep sampai skep bisa naik- turun lancar. Tapi, kalau skep oblak biasanya langsam jadi tak stabil akibat ada udara palsu menyusup.

- Lubang intake karburator melengkung

jika lubang karbu yang ke intake melengkung, rpm pasti susah langsam karena terjadi kebocoran. Siasatinya, gunakan kikir datar dan ampelas untuk ratakan sisi yang tak lurus.

- Nosel karburator oblak

Nosel oblak berefek ke semburan bensin tak konstan dan rpm lambat naik. Belilah nosel dan jarum skep anyar. Jika bensin menetes karena jarum pelampung enggak pas di dudukannya. Coba ganti jarum pelampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Berikut Tim yang Lolos ke Semifinal Liga Europa 2024 dan Jadwal Pertandingannya

Sepakbola
| Jum'at, 19 April 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement