Advertisement

Cara Bersihkan Knalpot Berkarat

Jumali
Senin, 17 Januari 2022 - 03:47 WIB
Jumali
Cara Bersihkan Knalpot Berkarat Pengunjung melihat-lihat sepeda motor New CB150X di booth Honda area Enduro, kompleks Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (19/11/2021). - Istimewa/AHM

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJA - Knalpot memilki banyak fungsi. Salah satunya adalah untuk saluran gas buang motor dari ruang pembakaran. Namun, apa jadinya jika knalpot kendaraan Anda berkarat?

Berikut cara menghilangkan karat pada knalpot

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

- Gunakan soda kue


Soda kue tinggal dicampurkan dengan perasan air jeruk nipis sedikit sampai membentuk pasta. Anda tinggal mengoleskannya saja pada permukaan karat di knalpot. Tunggu beberapa saat agar bahan bekerja untuk mengangkat karat. Setelah itu bersihkan menggunakan kain kering.

- Gunakan minuman bersoda

Manfaatkan minuman bersoda yang dijual di pasaran. Caranya? Dengan langsung menuangkannya ke area berkarat. Tunggu agar minuman bereaksi selama 15 menit. Baru setelah itu bersihkan dengan air dan lihat apakah karat sudah hilang.

- Pasta gigi

Pasta gigi bisa menghilangkan karat secara langsung, termasuk pada benda stainless steel lainnya.
Caranya, oleskan langsung ke area berkarat. Kemudian tunggu 10 menit dan gunakan sikat gigi untuk mengangkat karat. Kemudian lap permukaannya hingga bersih.

- Pembersih porselen

Cara menggunakannya tuang pembersih porselen ke permukaan knalpot berkarat. Selain itu, Anda bisa oleskan cairan itu dengan kuas dan kain, lalu cairan pembersih ini bekerja selama beberapa menit. Tanpa harus disikat lap menggunakan kain atau siram terlebih dahulu dengan air.

- Oli

Caranya panaskan kendaraan terlebih dahulu. Setelah itu knalpot yang masih panas bisa dioleskan oli gemuk ini. Diamkan sampai karat dan oli meleleh bersamaan.

Advertisement

- Menggunakan Bensin

Oleskan bensin pada karat di knalpot. Setelah itu diamkan beberapa menit maka karat akan mulai rontok sendiri. Khusus karat yang cukup banyak dan membandel Anda bisa menyikat knalpot. Gunakan sikat kawat yang berukuran kecil dan gosok sampai karat hilang.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Prediksi Australia vs Denmark, Klasemen, Head to Head, Susunan Pemain

Sepakbola
| Rabu, 30 November 2022, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement