Tanda Pelat Kopling Mobil Transmisi Matic Habis

ilustrasi - freepik
14 Januari 2022 01:47 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Plat kopling transmisi matic biasa menjadi persoalan serius, jika tidak diperhatikan oleh pemilik mobil. Sebab, cara mengemudi yang tidak benar, menjadi penyebab plat kopling transmisi matic cepat aus dan habis. Alhasil, Anda harus mengganti plat kopling mobil matic.

Untuk mendeteksi plat kopling transmisi matic Anda habis sejatinya cukup mudah. Sebab, ketika menjalankan mesin, atau perpindahan gigi pada mobil matic, gejala tersebut terlihat jelas.

Namun, untuk lebih jelasnya, berikut tanda plat kopling sudah habis yang dirangkum dari sejumlah sumber.

Perpindahan Gigi Terasa Kasar

Plat sangat berpengaruh pada kinerja gigi. Jika sudah aus atau tidak berfungsi lagi, maka komponen ini juga tidak dapat beroperasi secara maksimal. Biasanya tarikan perpindahan gigi terasa lebih berat.

Suara “krek” saat menarik tuas gigi juga merupakan tanda yang sering muncul. Pada kondisi fatal, bagian ini dapat terkunci sehingga tidak dapat dipindahkan. Hal ini tentu sangat berbahaya, apalagi jika terjadi saat mobil sedang melaju.

Starter Ngelos

Plat atau kampas berkaitan erat dengan kinerja mesin. Ketika mulai menghidupkan dengan cara menstarter terasa lebih ringan dari biasanya atau bahkan los, perlu waspada. Akibat lainnya, karena ngelos mesin tidak dapat menyala.

Bau Hangus

Tanda berikutnya sangat mudah sekali terdeteksi. Ketika mengendarai mobil kemudian tercium bau hangus, segera menepi dan periksa bagian kampas atau plat. Aroma tersebut dapat terjadi karena plat sudah habis.

Perputaran Mesin Lebih Cepat

Kampas atau plat yang habis menyebabkan mesin berputar lebih cepat karena tidak ada penahannya. Kondisi licin menjadikan putaran melebihi biasanya. Terlebih jika terjadi pada saat laju mobil dalam keadaan biasa.

Boros Bahan Bakar

Ketika kampas atau plat habis, maka pengemudi menginjak gas lebih dalam. Tindakan ini membutuhkan bahan bakar yang semakin banyak. Jika dengan jarak tempuh biasa menghabiskan BBM lebih banyak, segera cek plat kopling.

Oli Berubah Warna Menjadi Hitam

Serbuk dari plat kopling yang tergesek akan membuat residu dan bercampur dengan oli. Akibatnya warna oli menjadi lebih hitam atau pekat. Segera ganti dan lakukan perawatan sebelum kerusakan merembet ke bagian lain.

Akselerasi Mesin Menjadi Lemah

Ketika plat kopling transmisi matic habis, mobil akan mengalami penurunan akselerasi. Jika sebelumnya untuk mencapai kecepatan 100 km/jam cukup 10 menit, bisa jadi naik sampai 15 menit, bahkan lebih.

Tidak Kuat Menanjak

Plat kopling sangat berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Jika biasanya untuk melewati tanjakan pada posisi gigi 2 cukup mudah, kemudian tidak kuat. Bisa jadi masalah ada di plat kopling yang mulai menipis.