Ini Cara Rawat Rem Cakram Sepeda Motor

Pemenang kategori Master Class Nmax Norma Anggraeni dengan kendaraan modifikasinya di Man Shed, Sanur, Bali, Sabtu (26/1)./Ist. - Yamaha Indonesia Motor
14 Januari 2022 06:27 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Keberadaan rem di kendaraan sangat vital. Sebab, rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Adapun rem yang ada di sepeda motor ada berbagai macam, selain rem cakram, ada pula rem tromol.

Berikut cara rawat rem cakram sepeda motor, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber :

1.Bersihkan rem cakram setelah pemakaian

Jika Anda menggunakan sepeda motor saat kondisi hujan, jangan lupa setelah sampai di tempat tujuan untuk bersihkan rem cakram dari air hujan. Caranya cukup sederhana, yakni, siram cakram dengan air bersih atau gunakan brake cleaner yang direkomendasikan.

Kemudian, keringkan bagian-bagian rem cakram yang dapat dijangkau dengan menggunakan kain yang bersih sembari roda sedikit diputar perlahan. Cara ini akan lebih mudah jika posisi kendaraan pada main stand atau standar tengah.

Pengeringan rem cakram ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan lumpur yang menempel akibat terbawa air hujan yang dapat mengakibatkan karat dan rem menjadi seret.

2. Analisa kondisi rem cakram melalui suara saat pengereman

Kenali suara-suara yang timbul saat pengereman dengan menggunakan rem cakram. Langkah ini menjadi salah satu indikator kondisi pengereman kendaraan Anda. Suara yang timbul pada umumnya suara mendecit yang berarti ada kotoran diantara kampas rem dengan piringan cakram. Suara yang timbul pada umumnya akan mengurangi daya cengkram rem sehingga pengereman kurang maksimal. Selain itu adanya suara gesekan yang cukup keras, merupakan ciri kampas rem yang sudah mendekati limit batas ketebalan. Maka untuk penanganan hal ini disarankan melakukan penggantian kampas rem cakram.