Pencurian dengan Pecah Kaca Mobil Marak? Ini Cara Mencegahnya

Ilustrasi. - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
14 Januari 2022 05:47 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Kasus pencurian dengan pecah kaca mobil belakangan marak terjadi. Para pelaku biasanya hanya bermodal pecahan ujung elektroda busi dengan mudah mereka memecahkan kaca mobil Anda.

Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya pencurian dengan pecah kaca mobil? Berikut penjelasannya yang dikutip dari berbagai sumber

1. Tidak Menutup Kaca Secara Penuh Saat Parkir

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan pencurian dengan pecah kaca mobil. Jika parkir mobil di siang hari, kaca mobil harus dibuka paling tidak 1 cm sebagai jalur sirkulasi udara.

2. Pasang Alarm Mobil

Pemasangan alarm mobil menjadi hala wajib untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan. Utamanya, pencurian dengan pecah kaca mobil.


3. Pakai Kaca Film Mobil

Disarankan bagi para pemilik mobil untuk memilih kaca film yang sulit terlihat dari luar, namun tidak mengganggu visibilitas. Hal ini dipercaya mampu meminimalisasi pencurian dengan pecah kaca mobil.

4. Simpan Barang di Tempat Aman

Manfaatkan kompartemen tertutup seperti glove box, laci, atau bagasi, serta juga bisa manfaatkan tray penutup di bagasi bagi pemilik mobil SUV atau hatchback untuk menyimpan barang.

5. Parkir di Tempat Terbuka

Hindari parkir di tempat yang jauh dari keramaian atau sepi, khususnya di malam hari. Sebisa mungkin parkir di tempat terbuka.

6. Pastikan Mobil Terkunci

Sebelum meninggalkan mobil, pastikan sudah terkunci dan tidak ada barang penting di dalamnya yang memancing orang iseng. Langkah ini juga bisa meminimalisasi potensi pencurian dengan pecah kaca mobil.