Advertisement

Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok

Jumali
Jum'at, 14 Januari 2022 - 07:47 WIB
Jumali
Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Mesin mobil bunyi klotok klotok memang membuat kita tidak nyaman. Selain mengganggu, bunyi mesin merupakan pertanda bahwa mesin dalam kondisi tidak sehat.

Berikut penjelasan kenapa mesin mobil bunyi klotok klotok seperti dikutip dari laman Suzuki, Kamis (13/1/2022) :

Komponen Mesin Mobil Mengalami Aus

Mesin mobil mengeluarkan bunyi klotok klotok bisa saja disebabkan ausnya komponen penyusun pada mesin.
Keausan komponen yang sudah lama dan parah, tentunya akan membuat performa mesin menjadi turun karena kinerja komponen yang aus tersebut tidak lagi berjalan sempurna.

Bunyi klotok klotok juga bisa terjadi pada bagian kanan mesin yang disebabkan oleh sepatu ganda dan mangkuk kopling yang mengalami aus. Jika bagian tersebut mengalami aus, biasanya akan ditandai dengan performa mobil yang kurang bertenaga.

Lalu bagaiman cara mengatasi mesin mobil bunyi klotok klotok? ya, mengganti komponen yang sudah aus dengan komponen yang baru.

Oli Mobil Belum Naik dengan Stabil

Mesin mobil mengeluarkan bunyi klotok klotok bisa disebabkan karena oli yang belum naik sempurna. Gejala ini terjadi saat mobil dipanaskan setelah tidak digunakan dalam waktu yang lama, misalnya 1 minggu lebih.

Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir kalau memang penyebab bunyi klotok klotok adalah oli mobil yang belum naik. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menghidupkan kendaraan selama beberapa menit sebelum dijalankan. Ketika oli sudah naik, bunyi klotok klotok akan otomatis menghilang juga. Akan tetapi jika bunyi masih berlanjut, maka Anda harus segera membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa oleh ahlinya.

Celah Katup yang Mengalami Pelebaran

Mesin mobil mengeluarkan bunyi klotok klotok bisa disebabkan adanya celah katup. Dalam hal ini jarak antara batang katup dengan komponen rocker arm yang fungsi utamanya adalah untuk memberikan ruang jika ada komponen logam yang mengalami pemuaian saat mesin bekerja. Jika celah katup terlalu lebar atau kendor, maka risiko komponen ini akan mengalami pemuaian menjadi lebih cepat.

Bantalan Poros Engkol Sudah Usang atau Mengalami Aus

Mesin mobil mengeluarkan bunyi klotok klotok terjadi juga bisa dikarenakan poros engkol atau yang biasa disebut dengan crankshaft merupakan komponen di dalam mesin mobil yang berfungsi untuk menggerakan piston agar gerakannya bisa memutar. Pada komponen ini ada dua jenis bantalan yang digunakan yaitu conrod bearing dan main bearing.

Ketika salah satu bantalan tersebut mengalami aus, maka akan membuat suara mesin menjadi kasar hingga mengeluarkan bunyi klotok-klotok. Suara bising tersebut akan terdengar jelas saat kendaraan mobil melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Advertisement


Flange Flywheel Mengalami Kerusakan

Mesin mobil mengeluarkan bunyi klotok klotok bisa disebabkan flange flywheel di mobil matic yang sudah mulai rusak. Flange flywheel terdapat pada bagian torque converter. Bagian mesin mobil bunyi klotok klotok tersebut disebabkan karena flange flywheel patah dan bergeser sehingga menyentuh bodi mobil.


Pengendara Melakukan Pengisian Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Mesin mobil mengeluarkan bunyi klotok klotok juga disebabkan karena Anda menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan mesin mobil, maka akan menimbulkan bunyi klotok klotok. Kondisi tersebut biasa dinamakan dengan engine knocking atau mesin mobil ngelitik, akibat pengisian bahan bakar tidak sesuai jenis mesin mobil.

Hal tersebut membuat proses pembakaran pada mesin menjadi tidak sempurna. Dampaknya akan timbul gesekan yang suaranya mirip dengan ketukan logam dari mesin.

Advertisement

Ring atau Baut Mobil yang Mulai Kendor

Mesin mobil mengeluarkan bunyi klotok klotok bisa disebabkan karena kerusakan mesin pada bagian ring atau kondisi baut mobil yang kendor, biasanya ditandai dengan bunyi klotok klotok yang suaranya mengikuti getaran mesin. Jadi suara yang dihasilkan bisa lebih keras daripada biasanya. Jika tidak segera diperbaiki, maka akan mengakibatkan komponen lainnya ikut bergetar.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

"Penyakit" Persebaya Kambuh, Aji Santoso Minta Maaf

Sepakbola
| Minggu, 14 Agustus 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement