Advertisement

Duh! Remaja Jerman Retas 25 Mobil Tesla di Belasan Negara

Nindya Aldila
Kamis, 13 Januari 2022 - 12:47 WIB
Budi Cahyana
Duh! Remaja Jerman Retas 25 Mobil Tesla di Belasan Negara Setir berdesain mirip kemudi mobil Formula 1 di kokpit Tesla Model S dan Model X. - Teslarati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Remaja berumur 19 tahun dari Jerman mengklaim berhasil meretas 25 mobil Tesla Inc., di 13 negara.

Dalam serangkaian unggahan di akun Twitter-nya, dia mengatakan cacat perangkat lunak memungkinkannya untuk mengakses sistem perintis kendaraan listrik (EV).

Advertisement

David Colombo yang menyebut dirinya seorang spesialis teknologi informasi mengatakan bahwa cacat perangkat lunak memungkinkan dia untuk membuka kunci pintu dan jendela, menyalakan mobil tanpa kunci dan menonaktifkan sistem keamanan mobil.

"Saya pikir itu cukup berbahaya, jika seseorang dapat memutar musik dari jarak jauh dengan volume penuh atau membuka jendela/pintu saat Anda berada di jalan raya," tulisnya di Twitter, Selasa (11/1/2021).

Colombo juga mengklaim bahwa dia bisa mengetahui apakah pengendara mobil berada di dalam mobil atau tidak, serta bisa menyalakan sistem suara stereo dan menyalakan lampu.

Dia tidak mengungkapkan secara detail kerentanan perangkat lunak, tetapi dia mengatakan kecacatan tidak berada pada perangkat lunak Tesla atau infrastrukturnya.

Hanya sedikit pemilik mobil Tesla yang terdampak, tambahnya. Utas Twitter-nya mendapat tanggapan yang kuat, dengan lebih dari 800 retweet dan lebih dari 6.000 like.

"Ini utamanya kesalahan pemilik [& pihak ketiga]. Ini akan dijelaskan lebih detail dalam tulisan saya. Tapi senang melihat Tesla mengambil tindakan sekarang," kata Colombo setelah menanggapi pertanyaan dari Bloomberg News.

Menurut sebuah laporan online, Tesla yang berbasis di AS mengalami kerentanan platform di mana peneliti keamanan dapat mendaftarkan kendaraan mereka sendiri untuk pengujian, yang dapat disetujui sebelumnya oleh Tesla. Perusahaan membayar hingga US$15.000 agar memenuhi syarat kerentanan.

Colombo kemudian men-tweet bahwa dia telah menghubungi tim keamanan Tesla, dan mengatakan mereka sedang menyelidiki masalah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil South Korea U-23 vs Indonesia U-23 Skor Adu Penalti 10-11: Pratama Arhan Penentu Kemenangan Garuda Muda ke Semifinal Piala Asia

Sepakbola
| Jum'at, 26 April 2024, 05:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement