Kredit Mobil? Lewat Bank dan Leasing, Mana yang Paling Mudah?

Sales and Aftersales Director Honda Semarang Center, Sumantri (kanan) berfoto bersama dua mobil Honda Brio RS Urbanite Edition. - Istimewa/Honda
13 Januari 2022 07:47 WIB Jumali Otomotif Share :


Harianjogja.com, JOGJA - Kredit mobil adalah salah satu alternatif paling mudah untuk mendapatkan mobil impian, meskipun dana terbatas. Selain melalui bank, lembaga pembiayaan untuk pengajuan kredit mobil adalah melalui leasing.

Sebelum Anda memutuskan antara memilih kredit mobil lewat bank atau memilih lewat leasing, berikut sejumlah penjelasan terkait kemudahan kredit lewat bank maupun leasing, seperti dikutip dari Toyota Astra, Rabu (12/1/2022) :

Lewat Bank

Melalui bank, kamu akan ditawarkan suku bunga yang lebih rendah daripada lewat leasing. Terlebih jika kamu memiliki uang tunai lebih besar, kamu bisa melunasi sebagian utang pokok dalam waktu tertentu. Cara ini akan mengurangi beban angsuran kredit mobil tiap bulannya. Sedangkan kekurangan kredit melalui bank adalah prosesnya yang lama dan rumit dibandingkan leasing. Selain itu, kamu sebagai debitur masih harus mengurus semua dokumen yang disyaratkan. Saat dokumen lengkap sudah kamu kumpulkan bukan berarti kredit yang kamu ajukan sudah bisa langsung diterima.

Bank masih harus mengirimkan wakilnya untuk survei guna menilai status layak atau tidak kamu mendapatkan kredit mobil. Mereka tidak hanya sekadar bertanya dan melakukan wawancara, namun juga akan meneliti berkas-berkas tagihan seperti listrik, PDAM, sampai kartu kredit. Proses pengajuan memang agak lama karena pihak bank harus menjalankan prinsip kehati-hatian dengan meminta kamu melengkapi semua data dan dokumen yang diperlukan

Lewat Leasing

Kredit melalui leasing ini akan membuat kamu mendapatkan kredit mobil dengan lebih cepat dan mudah. Proses yang mudah dan cepat ini disebabkan oleh adanya staf leasing yang akan membantu kamu dalam keseluruhan prosesnya. Dari menyiapkan kelengkapan dokumen hingga fasilitas jemput bola ke rumah. Meski semua proses bisa berlangsung cepat dan mudah, namun mengajukan kredit di leasing membuat kamu harus membayar bunga yang lebih tinggi daripada bank. Biaya lain yang juga harus kamu tanggung saat pengambilan kredit di leasing adalah biaya fidusia, biaya asuransi dan biaya provisi. Biaya asuransi bersifat wajib karena pihak leasing berkepentingan dengan mobil yang kamu miliki untuk menghindari risiko seperti hilang.