Tanda Oli Motor Harus Segera Diganti

Ganti Oli Motor - Federal Oil
13 Januari 2022 07:27 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Oli motor menjadi hal yang vital dan harus diperhatikan bagi para pemilik sepeda motor. Para pemilik motor harus tahu seperti apa tanda oli mesin sudah waktunya harus ganti. Karena mengganti oli motor secara rutin sangat penting supaya performa mesin terjaga dan onderdil di dalam mesin awet.

Ganti oli motor tidak hanya didasarkan jarak tempuh, tapi juga dilakukan setelah muncul tanda sebagai berikut, seperti dilansir dari Federal Oil, Rabu (12/1/2022) ;

Performa Motor berat

Pada saat menarik gas dan laju motor terasa berat, bisa jadi kamu telat ganti oli dan sudah waktunya segra ganti oli yang baru.

Tarikan yang berat ini terjadi karena Anda sering menaiki motor di jalan macet. Jadi jika sudah merasakan kondisi ini, Anda harus menggantinya dengan oli yang baru.

Lalu apa yang menjadi penyebab motor ketika ditarik terasa berat? Penyebabnya bisa karena Anda sering melewati jalanan yang macet atau motor selalu dipaksa dalam kecepatan yang tinggi. Kedua hal tersebut juga akan menjadikan oli motor Anda terasa panas.

Jangan sampai Anda membiarkan hal tersebut terlalu lama, karena akan menyebabkan kinerja motor menjadi berkurang. Alangkah baiknya untuk segera mengganti oli motor sebelum terlambat.

Sering melewati jalan menanjak

Jika kamu sering berkendara di jalan yang sering menanjak atau jalan yang sering berlumpur, ganti oli tidak harus berdasarkan jarak tempuh.

Pasalnya, jalanan menanjak bisa membuat oli di kendaraan menjadi cepat panas karena dipaksa untuk di gas terus. Oleh sebab itu, ada baiknya jika sudah sering dibawa ke jalanan menanjak, langsung diganti yang baru.

Kamu memang harus memperhatikan hal yang satu ini. Jika sudah berulang kali dibawa di jalanan menanjak, langsung bawa motor Anda ke bengkel untuk ganti oli.