Advertisement

Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek, Ini Penyebabnya

Jumali
Rabu, 12 Januari 2022 - 11:07 WIB
Jumali
Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek, Ini Penyebabnya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pernah mengalami mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek? Padahal Anda baru saja mau berangkat kerja, tapi mobil tidak kunjung menyala. Rasa kesal sudah pasti, tapi apa yang menyebabkannya?

Mobil tidak mungkin mati begitu saja jika tidak ada salah satu komponennya yang bermasalah. Khusus untuk kasus mobil keluar suara tek tek tek padahal dalam kondisi mati, ada beberapa sebab yang harus diwaspadai. Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Suzuki, Selasa (11/1/2022) :

Advertisement

1. Setrum dalam Aki Kurang

Penyebab yang pertama ini adalah berasal dari aki. Seharusnya aki mengeluarkan setrum untuk menyalakan motor starter. Namun apabila aki tekor maka mobil tidak bisa dinyalakan.

Buka hanya itu saja, tetapi juga akan muncul bunyi tek tek saja. Hal tersebut menandakan bahwa arus listrik yang dibutuhkan besar namun jumlah yang didapatkan justru lebih kecil.

Anda perlu turun dan mengecek berapa tegangan aki yang dihasilkan ketika mobil sedang distarter. Pengecekannya sendiri dapat memanfaatkan avometer digital dan aki sebaiknya memiliki tegangan minimal 12,6 Volt.

Apabila usai diukur jumlahnya lebih sedikit, sebaiknya cobalah untuk mencharge aki. Namun jika Anda tidak dalam keadaan dapat mencharge maka bisa melakukan jumper aki.

Aki yang bermasalah meskipun Anda sudah mencharge nya berarti harus sudah minta diganti dengan yang baru.

2. Masalah pada Motor Starter

Sudah mengecek aki tetapi normal dan tetap saja mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek? Masalah lain bisa saja berasal dari motor starter. Hanya saja untuk mengecek apakah motor starter rusak perlu pembongkaran lebih lanjut.

Ada beberapa bagian dari motor starter yang mungkin saja mengalami kerusakan dan harus diganti. Namun secara umum, ada tiga jenis masalah yang dapat terjadi.

Pertama, rusaknya solenoid starter atau magnetic switch. Bagian ini berfungsi untuk menggerakan pinion gear supaya terkait pada ring gear. Fungsi lainnya adalah sebagai saklar agar mengalirkan listrik besar pada kumparan medan dan armature.

Solenoid starter ini bisa saja rusak karena kumparan rusak dan mengalami konslet. Penyebab kedua karena rangkaian listriknya sudah putus. Demi mengetahui bagian yang rusak hubungan kumparan solenoid, relay serta sekring harus diperiksa.

Kedua, carbon brush motor sudah habis. Mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek bisa diakibatkan bantalan yang seharusnya mengalirkan arus listrik ke kumparan armature terputus.

Bantalan atau yang disebut dengan carbon brush ini bisa saja habis dan harus diganti sehingga arus listrik kembali seperti semula. Karena jika arus listrik tidak ada tenaga putar menjadi melemah dan inilah yang menjadi sumber suara tek tek.

Ketiga, terbakarnya kumparan medan dan kumparan armature. Pada motor starter kedua jenis kumparan ini bisa saja terbakar saat terjadi konslet. Apabila sudah terbakar maka arus listrik yang lebih besar tidak akan dihasilkan.

Efeknya mobil tidak akan menyala dan untuk perbaikannya harus dilakukan penggantian motor starter secara keseluruhan. Sulit untuk memperbaiki hanya bagian kumparan medan dan kumparan armature saja.

3. Gangguan pada Engine Mounting

Pada saat mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek terjadi, selain aki Anda juga bisa mengecek engine mounting. Komponen ini biasanya juga sering jadi biang kerok utama.

Fungsi dari engine mounting adalah sebagai dudukan mesin sehingga posisinya harus stabil. Dibuat dari bahan logam serta karet dengan fungsi sebagai peredam. Apabila karet peredamnya sobek maka mesin dapat mengeluarkan bunyi.

Anda juga tidak akan nyaman berkendara apabila komponen ini mengalami kerusakan. Padahal secara memperbaikinya hanya perlu mengganti karet peredam yang sobek tadi saja.

4. Longgarnya Dinamo Starter

Penyebab selanjutnya bisa berasal dari dinamo starter yang berfungsi memutar poros engkol mesin. Komponen ini dapat bekerja dengan memanfaatkan energi listrik berasal dari aki.

Posisinya ada di dekat flywheel dan akan menggerakan keempat piston mobil. Supaya daya yang dihasilkan kuat maka pemasangan baut harus kuat pada mesin memanfaatkan baut khusus.

Apabila baut ini longgar maka mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek. Anda hanya perlu mengatasinya dengan mengencangkan baut. Apabila lubang baut sudah mulai aus maka perlu dilakukan pembubutan.

5. Rusaknya Gigi Pinion

Komponen berukuran kecil yang terletak di antara flywheel dan dinamo starter ini ternyata berpengaruh sangat besar. Ketika Anda menyalakan mesin maka roda gigi pinion akan beraturan dengan roda gigi flywheel.

Apabila gigi pinion ini aus bahkan bisa saja rontok maka akan muncul suara ketika mobil distarter apalagi berjalan. Apabila ternyata komponen ini sudah tidak bisa bekerja lagi maka Anda perlu menggantinya.

6. Oli Mobil Belum Naik

Jangan terburu-buru menyimpulkan kerusakan pada aki jika Anda belum mengeceknya. Bahkan ketika aki tidak rusak, masalah sepele justru bisa berasal dari oli yang belum naik.

Kasus ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah lama mangkrak di garasi. Mobil yang jarang dipanaskan akan membuat oli mengumpul di bagian oil pan atau carter. Efeknya bagian atas mesin dapat mengalami kekeringan oli.

Mobil akan sulit dinyalakan bahkan muncul bunyi tek tek. Bunyi biasanya berasal dari katup yang bekerja tanpa hadirnya pelumas. Anda hanya perlu menunggu oli naik dan mencoba starter kembali.

7. Kerusakan pada Sistem Kelistrikan

Sistem listrik pada mobil sangatlah rumit dan jika terjadi kerusakan membuat kendaraan tidak dapat menyala. Inilah penyebab mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek terakhir yang bisa Anda cek.

Anda bisa melakukan pengecekan sistem kelistrikan, khususnya di bagian konektor dan soket. Bisa saja beberapa soket atau konektor terlepas akibat getaran dan kotoran.

Konektor yang terlepas sudah pasti tidak dapat mengalirkan arus listrik dan sering muncul bunyi tek tek. Pemeriksaan sistem listrik secara menyeluruh perlu dilakukan sehingga sumber masalah bisa diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement