Cara Memperbaiki Alarm Mobil yang Error dengan Mudah

Ilustrasi. - Freepik
12 Januari 2022 09:27 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Alarm juga membantu Anda mengetahui posisi mobil. Namun, ada kalanya alarm tidak bekerja sesuai fungsinya. Jangan khawatir, Anda bisa memperbaikinya sendiri. Berikut empat cara memperbaiki alarm mobil yang error, seperti dilansir dari Auto2000, Selasa (11/1/2022):

1. Mengganti baterai alarm

Masalah alarm mobil yang paling umum adalah remote alarm tidak berfungsi. Penyebabnya adalah baterai pada remote sudah habis. Perlu Anda ketahui, umur rata-rata baterai remote alarm adalah tiga tahun (tergantung pemakaian).

Gejalanya bisa langsung Anda rasakan. Saat memencet remote, alarm mobil hanya memberikan respon yang lemah atau bahkan tidak ada respon sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini, AutoFamily cukup mengganti baterai remote alarm. Mengganti baterai remote pun bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cek model baterai apa yang digunakan remote alarm mobil Anda. Biasanya ada dua model, yaitu model pipih CR2016 atau model baterai konvensional dengan ukuran A27. Setelah mengetahui model baterai, buka panel penutup remote. Hindari mencungkil panel dengan kasar karena bisa merusak remote.

2. Perbaiki frekuensi alarm

Alarm mobil bekerja menggunakan gelombang radio. Jika Anda memarkir mobil di tempat yang memiliki gelombang radio, seperti di dekat menara pemancar radio atau Base Transceiver Station (BTS), gelombang audio pada alarm pun akan terganggu.

Sinyal dari remote akan kesulitan mencari receiver pada mobil Anda karena gelombang radio lain.

Cara memperbaiki alarm mobil yang error seperti ini sangat simpel. Anda cukup mendekatkan remote ke mobil.

Ini akan membantu alarm mobil menemukan frekuensinya kembali. Remote pun bisa terhubung kembali dengan receiver di mobil.

3. Memperbaiki sekring

Penyebab alarm mobil error juga bisa berasal dari sekring mobil. Sekring adalah komponen kelistrikan pada mobil yang bertugas menjaga arus listrik.

Jika sekring rusak, maka komponen mobil yang berhubungan dengan listrik pun akan mengalami gangguan, termasuk alarm mobil.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki alarm mobil yang error karena kerusakan sekring? Anda cukup menggantinya dengan sekring baru.

Pertama, buka panel sekring, yang biasanya terletak di bawah kemudi atau dashboard (cek buku manual untuk mengetahuinya). Kemudian lepas sekring yang lama dan ganti dengan yang baru. Pastikan Anda mengganti sekring lama dengan sekring baru yang kapasitasnya sama.

4. Mengganti aki

Aki yang soak juga bisa menyebabkan alarm mobil error. Ciri alarm yang rusak karena aki soak adalah suara alarm yang terdengar lemah saat Anda membuka kunci mobil.

Untuk memperbaiki kerusakan seperti ini pun tidak sulit, Anda bisa melakukannya sendiri.

Caranya adalah dengan mengganti aki mobil. Untuk mengganti aki, mobil harus dalam kondisi mati. Setelah mobil mati, buka kap mesin. Dalam kondisi kap terbuka, Anda akan bisa melihat kotak aki.

Lepaskan terminal negatif aki untuk mencegah munculnya percikan api. Baru setelah itu lepaskan terminal positif. Lalu, lepaskan aki yang rusak. Bersihkan kabel terminal serta dudukan, kemudian pasang aki baru.