Advertisement

Cara Setel & Bersihkan Karburator Motor Anda

Jumali
Rabu, 12 Januari 2022 - 07:47 WIB
Jumali
Cara Setel & Bersihkan Karburator Motor Anda New Honda BeAT - Astra Honda Motor

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dalam kinerja motor, karburator menjadi salah satu perangkat yang penting karena alat yang satu ini merupakan tempat pembakaran antara udara, percikan api dari busi, dan juga bahan bakar. Dan perlu kamu ketahui, karburator tidak boleh disetel sembarangan.

Sebenarnya, cara untuk menyetel karburator sangatlah mudah dan kamu bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain atau pergi ke bengkel yang hanya akan menguras isi kantongmu. Untuk menyetelnya juga tidak perlu peralatan khusus, lho. Kamu hanya memerlukan alat sederhana seperti obeng dan tang. Yuk, simak cara menyetel karburator di bawah ini, seperti dikutip dari Astra Motor, Selasa (11/1/2022) :

Siapkan Peralatan

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Langkah awal sebelum menyetel karburator adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng yang berfungsi untuk memutar sekrup. Karburator memiliki dua sekrup dengan fungsi yang berbeda. Sekrup pertama berfungsi untuk menyetel udara karburator dan sekrup kedua untuk menyetel gas karburator.

Hidupkan Mesin Motor

Setelah peralatan disiapkan, bukan berarti kamu harus langsung menyetel karburator ya. Kamu perlu menghidupkan mesin terlebih dahulu sebelum menyetel karburator. Pastikanlah mesin motor dalam keadaan hidup agar bisa mendapat setting an yang pas. Hal ini penting dilakukan agar dapat mengetahui apakah mesin dalam kondisi brebet atau normal-normal saja.

Putar Sekrup Penyetel Gas

Jika mesin motor keadaannya terlalu brebet maka yang harus kamu lakukan yaitu menyetelnya dengan cara memutar sekrup penyetel gas searah jarum jam atau ke arah kanan menggunakan obeng yang sudah disiapkan tadi. Hal tersebut bertujuan agar kutub gas semakin terbuka dan tekanan RPM juga semakin meninggi sehingga akan menghasilkan gas yang pas.

Tutup Sekrup Penyetel Gas

Advertisement

Jangan sepelekan proses ini. Proses ini berfungsi untuk mengatur sekrup penyetel udara yang bisa menutup saluran idle dan juga bertujuan untuk menutup udara yang masuk ke dalam mesin.

Buka Skrup Penyetel Udara Hingga RPM Tinggi

Saat menutup sekrup penyetel udara, kamu perlu memastikan mesin terus dalam keadaan menyala. Jika mesin mati sebelum saluran ditutup, maka kamu harus menghentikan putaran sekrup penyetel udara dan membiarkan RPM rendah bisa dicapai oleh mesin. Setelah itu, kamu bisa memutar sekrup dengan arah membuka. Hal ini bertujuan agar RPM bisa berangsur naik setelah sekrup penyetel udara di tutup.

Advertisement

Menurunkan Setelan Gas

Step yang terakhir adalah menurunkan setelan gas agar menghasilkan idle yang paling ideal. Setelah semua proses sudah dilakukan, cobalah mengecek kembali settingannya dengan cara menghidupkan ulang mesin motor. Settingan yang sudah benar ditandai dengan motor yang langsung menyala hanya dalam satu kali starter.
Cara Membersihkan Karburator

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan karburator. Antara lain :

- Melepas Karburator Dari Dudukannya
- Untuk melepas karburator dari tempat duduknya diperlukan beberapa peralatan bengkel. Salah satunya adalah kunci pas.
- Buka Bagian Penutup Dan Bersihkan
- Bukalah bagian penutup karburator dan mulailah membersihkannya.
- Bersihkan Bagian Penyaring Udara
- Saat membersihkan penyaring udara, lepaskanlah penyaring udara terlebih dahulu dan gunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkannya.
- Bersihkan Bagian Pilot Jet, Main Jet, dan Needle Jet
- Bersihkan Spuyer
- Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran yang menempel pada spuyer.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Dijamu BCS, Brajamusti & Maident Doa Bersama di Maguwoharjo, Jogja Sleman Bersaudara

Sepakbola
| Kamis, 06 Oktober 2022, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement