Advertisement

Keunggulan Menggunakan Ban Tubeless di Motor

Jumali
Rabu, 12 Januari 2022 - 13:07 WIB
Jumali
Keunggulan Menggunakan Ban Tubeless di Motor Teknisi Astra Motor Yogyakarta memberikan servis gratis kepada puluhan kendaraan sepeda motor milik karyawan Harian Jogja, Jumat (15/2/2019). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Saat ini Ban tubeless atau tanpa ban dalam sudah semakin banyak digunakan sepeda motor. Selain tidak perlu ribet perawatannya, penggunaan ban tubeless juga dianggap lebih nyaman dan aman.

Mungkin masih banyak pemilik sepeda motor yang beranggapan bahwa semua jenis ban sepeda motor itu sama. Padahal pada ban tubeless ada sejumlah keunggulan daripada ban biasa.

Advertisement

Berikut adalah 4 keunggulan ban tubeless, dikutip dari Wahana Honda, Selasa (11/1/2022) :

1. Tahan Bocor
Ban tubeless pada dasarnya tentu bisa mengalami kebocoran sama dengan ban biasa. Namun ban jenis ini memiliki kelebihan lebih tangguh dalam menahan kebocoran karena ban tubeless tidak menggunakan ban dalam serta memanfaatkan partikel yang kuat untuk meminimalisir kebocoran akibat tertusuk benda tajam.

2. Durabilitas Ban Motor Lebih Kuat
Ban tubeless menggunakan inner yang merekatkan bagian ban motor dengan velg, sehingga ban dapat menahan tekanan udara dari dalam. Durabilitas atau daya tahan ban menjadi lebih kuat karena daya adesif lem power lebih tinggi dibanding daya kohesif karet pada ban biasa.

3. Cocok untuk Kondisi Hujan
Ban tubeless lebih aman digunakan saat musim hujan karena memiliki tapak lebih lebar, relief grove atau kembangan yang lebih dalam, dibandingkan dengan ban biasa. Hal tersebut membuat ban tubeless memiliki daya cengkeram yang lebih kuat pada jalan sehingga motor tidak mudah selip saat melintasi jalan basah.

4. Manuver Sepeda Motor Lebih Baik
Penggunaan ban tubeless pada sepeda motor membuat manuver menjadi lebih baik, karena bentuk ban ini lebih solid dan stabil sehingga mampu memberikan daya cengkeram yang lebih baik terhadap jalanan. Kelebihan ini juga yang membuat ban tubeless banyak digunakan dalam berbagai ajang balap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Statistik Timnas Indonesia Melawan South Korea di Perempat Final Piala Asia, Memang Pantas Menang

Sepakbola
| Jum'at, 26 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement