Advertisement

Beli Sparepart via Online? Perhatikan Hal Ini

Newswire
Senin, 10 Januari 2022 - 10:27 WIB
Jumali
Beli Sparepart via Online? Perhatikan Hal Ini UMKM Binaan Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) Juga Memproduksi Komponen Otomotif. Ilustrasi - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Saat ini, barang apapun dapat dibeli secara online, termasuk spare part kendaraan bermotor. Membeli spare part secara online memiliki beberapa kelebihan. Pertama, tidak perlu berkunjung ke toko sparepart atau bengkel. Hal ini tentu sangat memudahkan, terutama bagi orang sibuk yang jarang memiliki waktu luang, atau jika tidak ada toko sparepart yang dekat dengan tempat tinggal.

Kedua, lebih leluasa memilih karena dapat melihat-lihat lebih lama di layar ponsel. Bahkan, kita dapat membandingkan satu toko dengan toko yang lain tanpa perlu mengunjunginya satu persatu.

Advertisement

Namun, kita harus pandai-pandai memilih saat membeli sparepart secara online. Jika tidak, bisa saja barang yang kita beli tidak bisa dipasang. Oleh karena itu, lakukan 5 tips membeli sparepart secara online berikut ini.

1. Perhatikan Jenis dan Tipe Kendaraan

Tips pertama membeli sparepart kendaraan secara online adalah pastikan jenis dan tipe kendaraan, mulai dari merk, tipe, varian, hingga tahun produksi. Hal ini dikarenakan tiap jenis kendaraan dapat memiliki bentuk sparepart yang berbeda-beda.

Jika kita salah dalam memilih sparepart dan justru membeli sparepart untuk kendaraan tipe lain, tentu sparepart tersebut tidak dapat dipasang dengan baik pada kendaraan kita.

2. Pilih Penjual Terpercaya

Selanjutnya adalah pilih penjual yang terpercaya. Utamakan membeli di toko resmi merk sparepart yang ingin dibeli. Jika tidak, dapat melihat dari jumlah penjualan dan rating. Semakin banyak jumlah penjualan dan semakin baik ratingnya, maka semakin dapat dipercaya.

3. Baca Deskripsi dengan Baik

Biasakan membaca deskripsi saat membeli apapun secara online, termasuk dalam membeli sparepart. Karena di deskripsi tersebut dijelaskan spesifikasi dari sparepart yang dijual. Mulai dari tipe kendaraan yang menjadi peruntukannya, original atau bukan, dan penjelasan lainnya. Hal ini penting untuk memilih sparepart sesuai yang kita butuhkan.

4. Baca Ulasan atau Review

Membaca ulasan atau review dari pembeli sebelumnya sangat penting untuk menentukan pilihan. Lihat apakah mereka puas dengan barang yang dibeli atau tidak.

5. Pilih Sesuai Kebutuhan

Pastikan dulu sparepart apa saja yang kita butuhkan dan akan kita beli. Karena, saat melihat-lihat di katalog, akan muncul berbagai macam sparepart yang mungkin dapat menggoda kita untuk membelinya. Padahal, sparepart tersebut tidak kita butuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Cagliari vs Juventus Liga Italia: Skor 2-2, Si Nyonya Tua Sempat Tertinggal 2 Gol Hingga Jelang Akhir Babak Kedua

Sepakbola
| Sabtu, 20 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement