Cara Kelola Emosi saat Naik Motor

Ilustrasi. - Freepik
10 Januari 2022 01:27 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Naik motor tak hanya membutuhkan keterampilan dalam berkendara, tapi juga kesabaran. Bukan cuma kemacetan di jalanan sebagai pemandangan biasa sehari-hari, tapi juga tingkah laku pengguna jalan lain yang sering membuat Anda menghela napas panjang. Kesabaran ini dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Durasi tidur atau istirahat sebelum berkendara dan waktu makan misalnya, bisa berdampak pada tingkat kesabaran Anda. Namun selain itu, pada dasarnya, setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam mengendalikan emosi.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol emosi saat mengendarai motor. Ini penting, karena kesabaran tanpa disadari, bisa ikut menentukan keselamatan di jalan, seperti dilansir dari Wahana Honda, Minggu (9/1/2022) :


1. Buat rencana perjalanan

Buatlah rencana perjalanan dengan mencari rute serta waktu terbaik untuk melewati jalur tersebut. Jadi, Anda bisa menghindari kemacetan. Dengan begitu, emosi Anda tidak terkuras di jalanan. Jika Anda membuat rencana tersebut untuk berangkat kerja, maka strategi serupa pun bisa diterapkan bagi rute pulang.
2. Beristirahat dengan cukup

Yang tak kalah pentingnya dalah beristirahat dengan cukup. Manfaatkan waktu istirahat dengan maksimal. Sebab ketika mengantuk di jalan, selain jadi tidak konsentrasi, Anda pun jadi cepat marah. Jadi begitu rasa mengantuk sudah tak tertahankan lagi tapi Anda masih ada di jalan, carilah tempat yang aman untuk menepi dan beristirahat sejenak, sebelum kembali melanjutkan perjalanan.
3. Konsumsi makanan bergizi

Ternyata, mengonsumsi asupan bernutrisi tinggi seperti sayur, buah, dan vitamin sesuai kebutuhan, serta cukup air, dapat menjaga konsentrasi. Ketika dalam konsentrasi penuh di jalan, Anda tidak akan mudah kaget maupun marah ketika diklakson pengendara lain.
4. Pastikan motor dalam kondisi prima

Nah, bukan hanya kemacetan dan perilaku pengguna jalan lain yang berpotensi membuat naik darah, tapi juga kondisi motor sendiri. Soalnya jika motor bermasalah ketika Anda sedang mengendarainya di jalan, apalagi dalam kondisi terburu-buru, tentulah akan memancing emosi diri sendiri. Oleh karena itu, setiap akan menggunakan motor, pastikan kendaraan Anda ini dalam kondisi prima untuk melaju di jalanan.

Selain menerapkan tips di atas untuk mengelola emosi selama mengendarai motor di jalan, ingatlah bahwa Anda berada di negara hukum. Oleh karena itu, setiap emosi yang akhirnya memancing tindakan agresif, bisa diproses melalui jalur hukum.