Advertisement

Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil Anda

Jumali
Minggu, 09 Januari 2022 - 11:47 WIB
Jumali
Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil Anda Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Selain berbahaya bagi kesehatan, asap rokok bisa membawa dampak lain yang tidak terlalu menyenangkan, yaitu baunya yang tidak sedap. Oleh sebab itu, hindari merokok di mobil  supaya bau rokok di kabin mengganggu saat berkendara.

Salah satu tempat yang cukup rawan terkena bau rokok yang tidak hilang-hilang adalah di area dalam kabin mobil. Apalagi, bau rokok di kabin ini bisa tetap menempel dan tercium walaupun sudah tidak ada lagi orang yang merokok.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan bau rokok di dalam mobil adalah tentunya dengan tidak merokok.

Tapi, jika cara tersebut sulit atau tidak bisa dilakukan, Anda bisa mencoba beberapa tips dan trik ampuh berikut, seperti dikutip dari Daihatsu, Sabtu (8/1/2022) ;

  • Bersihkan bagian dalam mobil secara menyeluruh

Supaya bau rokok bisa hilang dengan sempurna, pastikan Anda membersihkan bagian dalam secara menyeluruh, termasuk membuang sampah-sampah dan membersihkan keseluruhan interior mobil, termasuk semua permukaan yang terlihat dan di bagian bawah jok.

Anda bisa menggunakan penyedot debu supaya lebih mudah membersihkan celah-celah sempit yang sulit dijangkau. Pastikan juga Anda tidak menyisakan sampah yang menjadi sumber bau, seperti bekas puntung rokok.

Advertisement

  • Pasang pengharum khusus

Setelah selesai dibersihkan, Anda bisa memasang pengharum khusus yang sudah banyak beredar di pasaran. Pengharum seperti ini bisa cukup efektif untuk membantu menghilangkan berbagai bau tidak sedap di dalam mobil, termasuk bau asap rokok.

Anda bisa memilih bau atau wewangian apapun yang sesuai dengan selera Anda, tapi disarankan untuk memilih bau yang kuat supaya bisa mendominasi atau menutupi bau rokok yang juga kuat.

Advertisement

  • Manfaatkab bahan alami

Selain menggunakan wewangian buatan, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang lebih praktis untuk membantu menghilangkan bau rokok dari mobil Anda.

Berikut adalah beberapa contohnya:

Cuka

Cuka memiliki aroma alami menyengat yang bisa menghilangkan bau rokok dari dalam mobil Anda. Cukup tuangkah cuka pada wadah terbuka dan tinggalkan di dalam mobil semalaman, dijamin keesokan harinya bau tidak sedap dari rokok akan hilang.

Advertisement

Bubuk Kopi

Selain bisa dibuat menjadi minuman yang enak, bubuk kopi juga bisa digunakan untuk menyerap bau-bauan yang tidak sedap. Untuk penggunaan di dalam mobil, Anda bisa meletakkan bubuk kopi dalam wadah terbuka atau di dalam wadah dengan pori-pori besar seperti pada kantung yang biasa digunakan untuk teh celup.

Anda bisa meletakkan wadah berisi bubuk kopi di mana saja di dalam mobil, tapi salah satu tempat yang paling efektif adalah digantungkan pada spion tengah mobil.

Advertisement

Baking Soda

Fungsi baking soda hampir sama dengan bubuk kopi, tapi untuk penggunaan yang lebih efektif, Anda bisa menaburkannya secara langsung di mobil. Beberapa tempat yang strategis untuk Anda taburi adalah di karpet, dashboard, dan di bagian bawah jok.

Jika bau tidak sedap sudah hilang, Anda bisa membersihkan bekas baking soda dengan menggunakan penyedot debu.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Luar Biasa! Penonton Pertandingan Piala Dunia 2022 Putaran Pertama Lebih dari 1 Miliar

Sepakbola
| Kamis, 01 Desember 2022, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Asyik! Kawasan Groundsill Opak Bakal Jadi Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement