Cara Atasi Kopling Mobil Los di Tengah Perjalanan

Ilustrasi. - Freepik
09 Januari 2022 06:07 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com,JOGJA - Kopling mobil los atau jebol menjadi salah satu masalah yang sering terjadi secara mendadak. Masalah ini tentunya sangat mengganggu karena berdampak pada perpindahan gigi transmisi manual yang kurang lancar. Anda tidak perlu khawatir jika masalah tersebut terjadi, karena cara mengatasi kopling mobil los bisa dilakukan dengan mandiri.

Berikut caranya, seperti dikutip dari Auto2000, Sabtu (8/1/2022) :

1. Menepi atau Pindahkan Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan saat kopling mobil sedang los adalah segera menepi atau pindahkan mobil ke tempat yang aman. Jangan lupa, setel transmisi mobil ke posisi netral (N) dan matikan mesin mobil.

2. Cek Wadah Minyak Kopling

Sebelumnya dijelaskan bahwa penyebab kopling mobil los adalah kurangnya minyak di dalam komponennya. Anda bisa mengecek kondisi tabung minyak kopling untuk memastikan jumlah minyaknya.

Posisi tabung minyak kopling berada di ruang mesin, jadi kap mobilnya harus dibuka terlebih dulu. Posisinya tepat di depan roda kemudi dan ukurannya sebesar tiga jari orang dewasa. Setelah menemukan tabungnya, cek jumlah minyak di dalamnya, apakah penuh atau harus diisi ulang.

Jika sudah mulai kosong atau berkurang, segera isi tabung tersebut dengan minyak kopling. Pastikan minyak rem yang digunakan cocok digunakan untuk momen darurat seperti ini.

3. Cek Kondisi Kopling secara Berkala

Sekilas dijelaskan di atas bahwa faktor usia atau pemakaian menjadi biang utama masalah kopling mobil sudah los. Jadi, AutoFamily harus rajin melakukan pengecekan komponen kopling secara berkala di ruang mesin. Perhatikan juga kondisi komponen lainnya yang terhubung dengan sistem kopling.