Tips Bikin Motor Kencang Tanpa Bongkar Mesin

Ilustrasi. - Freepik
09 Januari 2022 07:47 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Anda ingin memiliki motor kencang tanpa bongkar mesin? Berikut tips bagi Anda yang ingin cepat dan mudah agar motor bisa berlari lebih kencang tanpa bongkar mesin. Simak tips berikut, seperti dikutip dari Wahana Honda, Sabtu (8/1/2022) :

1. Suspensi
Belum banyak yang mengetahui shockbreaker alias suspensi mampu meningkatkan kinerja kendaraan lebih optimal. Tanpa suspensi yang baik, mesin yang sudah di bore up pun tak bisa mengeluarkan kemampuan optimal.
2. Pelek Ringan
Cara membuat motor kencang lainnya gunakan pelek yang lebih ringan. Teorinya beban kendaraan yang dipangkas tenaga motor semakin maksimal.
3. Ban
Pemilihan ban yang tepat mampu menyokong performa motor. Ban racing dengan soft compound membuat motor lebih grip di jalan layaknya berada di sirkuit. Namun, bila jalanyang dilalui tidak rata, sebaiknya gunakan ban standar.
4. Pasang Knalpot Racing
Cara membuat motor kencang bisa dilakukan dengan mengganti knalpot bawaan dengan knalpot racing aftermarket. Knalpot racing yang lebih ringan, beban yang dibawa akan berkurang. Selain itu, converter katalitik dari knalpot akan menaikkan daya yang sudah ada
5. Modifikasi Karburator
Memodifikasi karburator bertujuan agar performa ruang bakar semakin maksimal. Caranya dengan mengganti spuyer karburator dengan ukuran lebih besar. Namun, penggantian yang tak sesuai akan membuat motor tersendat dan mogok.
6. Perawatan Rutin
Ini merupakan bagian penting agar motor selalu dalam kondisi prima. Ganti oli setiap bulan dan servis motor setiap dua bulan sekali cukup untuk membuat motor kencang.