Advertisement

Yuk, Cek Ban Serep Anda

Jumali
Kamis, 06 Januari 2022 - 09:47 WIB
Jumali
Yuk, Cek Ban Serep Anda Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Setiap mobil yang tersedia pasti dibekali dengan ban serep. Komponen yang biasanya lokasinya agak tersembunyi ini juga harus selalu berada di posisinya ke manapun Anda pergi menggunakan mobil.

Ke manapun Anda pergi, ban serep harus selalu terpasang dengan baik. Sesuai namanya, ban satu ini akan berguna jika ada satu ban mobil Anda yang bocor di tengah perjalanan.

Advertisement

Untuk itu ban serep tidak boleh diabaikan walau kita tidak berharap untuk menggunakannya. Lantas kapan terakhir kali Anda mengecek ban serep?

Semoga Anda tidak pernah mengabaikannya dan rutin untuk melakukan pengecekan. Bagi yang sebaliknya, yuk mulai dari sekarang kita cek ban serep.

Caranya mudah, seperti dilansir dari Auto2000, Rabu (5/1/2022):

Cukup buka dan perhatikan kondisi ban serep di lokasinya. Pastikan tampilannya dalam kondisi baik. Pastikan juga tidak ada karat maupun kotoran yang mengganggu ban serep.

Setelah itu, pastikan tekanan angin ban serep dalam kondisi ideal. Jika berkurang, maka segera tambahkan angin. Posisi ban serep juga tidak boleh bergoyang atau bergeser dari dudukannya.

Maka sekalian melakukan pengecekan ban serep, tak ada salahnya untuk sekaligus membersihkan ruang ban tersebut. Pastikan bebas dari debu dan kotoran lainnya.

Selain itu langkah dalam pencecekan ban serep adalah periksa ketersediaan kunci-kunci alias tool kit pembuka dan pemasangnya. Sebab akan percuma jika ban serep dalam kondisi bagus namun taka ada peralatan pelepas dan pemasangnya.

Pastikan tool kit pelepas ban tersedia dan tersimpan dengan baik di mobil. Biasakan menyimpan alat-alat tersebut dalam satu kesatuan, jangan terpisah-pisah.

Semudah itulah melakukan pengecekan ban serep mobil. Pastikan selalu kondisinya bagus, mudah dijangkau, aman dan pastinya berguna saat dibutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Berikut Tim yang Lolos ke Semifinal Liga Europa 2024 dan Jadwal Pertandingannya

Sepakbola
| Jum'at, 19 April 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement