Advertisement

Begini Cara Merawat Cat Bodi Mobil

Newswire
Rabu, 05 Januari 2022 - 08:37 WIB
Jumali
Begini Cara Merawat Cat Bodi Mobil Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Menjaga keutuhan cat mobil bukan perkara mudah, terkadang hal ini dianggap sepele.

Ketika body pada cat mobil menjadi pudar atau baret, sebaiknya pemilik membawanya ke bengkel khusus perawatan eksterior. Tujuannya agar warna cat mobil kembali ke warna aslinya.

Advertisement

Tapi, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara merawat cat mobil agar tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk perawatannya.

Berikut beberapa cara merawat cat mobil yang perlu kamu ketahui :

1. Hindari Memarkir Mobil di Tempat yang Terlalu Panas

Sebaiknya tidak memarkirkan mobil di tempat yang terlalu panas. Parkirkan mobil di tempat yang teduh atau setidaknya di bawah pohon.

Hal tersebut mengakibatkan lapisan cat mobil kita terlihat kusam dan memudar jika terlalu sering terpapar sinar matahari.

Selain itu, sinar ultraviolet pada sinar matahari dapat mengubah komposisi lapisan warna cat mobil. Apalagi jika bahan mobil terbuat dari, akan menambah panas pada bodi mobil.

Akhirnya, mengharuskan kamu mengeluarkan biaya besar untuk mengembalikan warna pada cat mobil kamu.

2. Gunakan Sabun Pembersih Khusus saat Mencuci

Kebanyakan orang mencuci mobil dengan menggunakan sabun apa saja, seperti deterjen, sabun colek, atau sabun mandi. Hal tersebut sangat tidak disarankan, karena bisa membuat warna cat mobil menjadi mudah pudar.

Selain itu, ketika mencuci mobil jangan terlalu sering disarankan minimal seminggu sekali di musim kemarau. Pada musim penghujan minimal dua kali seminggu, karena kandungan air hujan yang asam dapat mengikis warna cat mobil.

3. Menggunakan Kain Halus

Pengendara harus merawatnya dengan menggunakan kain halus atau kain khusus untuk membersihkan mobil. Mengapa harus kain halus? Karena kain yang kasar dapat merusak lapisan cat mobil. Sering kali kita temukan orang yang menggunakan kain apa saja untuk membersihkan mobil, seperti handuk bekas, bahkan kaos bekas. Padahal, hal itu tidak dianjurkan dan menyebabkan lecet atau rusaknya cat mobil

4. Gunakan Obat Poles atau Wax

Wax atau obat poles ini bekerja seperti melapisi cat mobil kamu agar mengilap tanpa mengikis cat mobil itu sendiri. Wax ini lebih aman, karena sifatnya seperti lilin. Beda cara kerjanya dengan pelapis cat mobil lainnya, wax lebih aman dan tidak merusak lapisan cat mobil aslinya

5. Gunakan Sarung Mobil saat Tidak Digunakan

Ketika saat mobil tidak sedang digunakan sebaiknya mobil disarungkan. Hal ini memudahkan kamu dalam merawat mobil, karena dengan sarung mobil tersebut akan terhindar dari debu, panas, dan hujan saat diparkir di mana pun. Cat pada body mobil akan terhindar dari benda-benda atau goresan di sekitar parkiran mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement