Cara Mudah Cek Kondisi Sabuk Pengaman

Ilustrasi. - Freepik
04 Januari 2022 02:27 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Memasang sabuk pengaman dengan baik merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum Anda berkendara dengan mobil.

Dalam hal ini, sebenarnya ada tips mudah cek sabuk pengaman untuk memastikan bahwa kondisinya baik dan bisa dipasang dengan sempurna.

Sabuk pengaman memang harus terpasang dengan baik mengingat fungsinya yang sangat penting, baik bagi pengemudi maupun penumpang.

Simak ulasan berikut ini mengenai tips mengecek kondisi sabuk pengaman, fungsi, serta cara menggunakannya dengan tepat, seperti dikutip dari laman Suzuki, Senin (03/01/2022) :

Cara Cek Kondisi Sabuk Pengaman

Pengecekan sabuk pengaman harus selalu dilakukan sebelum Anda bepergian dengan mobil, termasuk terkait perawatannya.

Berikut cara mengecek sabuk pengaman secara berkala untuk memastikan bahwa komponen ini masih bisa berfungsi dengan sempurna saat nantinya akan digunakan.

Cek Kondisi Fisik Sabuk Pengaman

Anda harus mengecek kondisi fisik sabuk pengaman terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tidak akan kerusakan. Hal ini perlu dilakukan secara berkala pada kendaraan atau ketika Anda membeli mobil bekas.

Hal pertama yang harus dicek, yaitu kondisi fisik kepala sabuk apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Selanjutnya, cek bagian tali sabuk pengaman guna memastikan adakah potongan atau lilitan dari bagian tersebut.

Pengecekan fisik ini harus dilakukan secara detail untuk memastikan seluruh kondisi komponen pada sabuk pengaman dalam keadan baik.

Sebab, kondisi fisik dari sabuk pengaman juga akan mempengaruhi kinerja komponen tersebut saat nantinya digunakan.

Cek dengan Scanner OBD

Tips pengecekan selanjutnya, yaitu menggunakan scanner OBD yang merupakan salah satu sensor di dalam mobil.

Sensor ini akan memberikan pemberitahuan pada Anda apakah kondisi sabuk pengaman masih layak digunakan atau sudah mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, penting juga untuk menjaga scanner OBD ini agar sensornya tetap bisa bekerja dengan baik, sehingga dapat memberikan informasi terkait sabun pengaman.

Scanner OBD akan memberitahukan kondisi sabuk pengaman dalam bentuk sensor lampu.

Tes Sederhana

Cara terakhir, yaitu melakukan tes sederhana untuk mengecek kondisi sabuk pengaman masih baik.

Pertama, coba tarik sabuk pengaman dengan cepat untuk memastikan apakah bisa tertahan atau malah lepas.

Apabila sabuk pengaman masih bisa tertahan, maka bisa dikatakan bahwa kondisinya masih baik.

Sedangkan jika sabuk pengaman malah lepas atau tidak tertahan, maka sudah terjadi kerusakan pada bagian ini. Itu artinya, Anda harus mengambil langkah agar sabuk pengaman bisa berfungsi lagi.

Anda bisa memperbaiki atau bahkan mengganti sabuk pengaman tersebut sesuai dengan tingkat kerusakannya.

Jika sabuk pengaman tidak bisa kembali ke posisi semula setelah ditarik, maka kemungkinan besar mobil tersebut pernah mengalami kerusakan.

Hal ini seringkali terjadi pada mobil yang menggunakan fitur seat belt pretensioner pada sabuk pengamannya.

Fitur tersebut membuat penahan dari sabuk pengaman berfungsi untuk menahan tubuh saat terjadi benturan ketika kecelakaan.

Jika sudah menemui masalah ini, maka solusi yang disarankan yaitu langsung mengganti sabuk pengaman baru.

Tujuannya, yaitu agar Anda bisa mendapatkan pengamanan yang optimal dari komponen tersebut tanpa khawatir terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

*Fungsi Sabuk Pengaman

Cara cek sabuk pengaman tersebut pasti akan selalu menjadi bagian penting jika Anda sudah mengetahui fungsi utama dari komponen ini.

Pertama, sabuk pengaman berguna untuk mengurangi resiko kecelakaan agar tidak terlalu fatal, baik pada pengemudi maupun penumpang lainnya.

Berikutnya, sabuk pengaman juga berguna untuk menahan badan karena posisinya melintang dari pundak sampai pinggang.

Posisi badan ini perlu ditahan agar Anda bisa fokus ke depan dan meminimalisir resiko Anda terlempar dari jok saat terjadi kecelakaan atau pengereman mendadak.

Komponen yang satu ini juga akan melindungi kepala dan organ vital lain dari benturan, sehingga mengurangi resiko berbahaya.

Fungsi ini secara otomatis berjalan karena posisi badan tertahan di jok mobil, sehingga kepala tidak terbentur bagian dashboard atau bahkan kaca.

Fungsi selanjutnya, yaitu sabuk pengaman bisa meningkatkan kenyamanan berkendara karena fokus Anda akan terus tertuju ke depan.

Di samping itu, menggunakan sabuk pengaman juga menjadi salah satu bentuk bahwa Anda mematuhi peraturan lalu lintas.

Anda tidak bisa meremehkan fungsi alat ini jika ingin menjaga keselamatan saat berkendara dengan mobil.

Oleh sebab itu, cek kondisi sabuk pengaman ini secara berkala untuk memastikan keadaannya masih baik, sehingga dapat berfungsi secara maksimal.