Cairan yang Harus Dicek di Mobil Anda

Ilustrasi. - Freepik
04 Januari 2022 04:27 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Meski mobil Anda terparkir dan jarang digunakan, sebaiknya tetap ada bagian mobil yang diperiksa secara berkala terutama cairan-cairan yang ada di ruang mesin.

.Anda sebaiknya mengetahui beberapa bagian yang memerlukan pengecekan secara rutin, seperti komponen dengan cairan terutama di bagian mesin, bukan hanya sekedar rutin mengganti oli mesin saja. Berikut cara

melakukan pengecekan cairan seperti dikutip dari laman Mitsubishi, Senin (03/01/2022).

Cek level oli mesin

  • Tarik “stick level oli”, bersihkan sedikit batang stick nya dengan kain bersih dan masukan kembali. Tujuannya agar pembacaan level oli lebih akurat. Kemudian Tarik kembali batang stick nya. Pastikan level oli mesin pada stick level oli berada di antara level H & L, kemudian cek kebocoran di bawah kendaraan.

Cek radiator coolant level

  • Bisa lihat langsung ke tabung reservoir cairan coolant, dapat terlihat level radiator coolant nya. Baiknya, levelnya berada di antara Max & Min. Apabila level collant bawah level Min, harap ditambahkan cairan Coolant yang sesuai spesifikasi pada buku manual.

Cek cairan wiper

  • Hampir sama dengan cairan coolant, pengecekan cairan wiper dapat juga dilihat langsung di tabung reservoir nya. 

Cek brake fluid level

  • Tabung cairannya selalu ada di area mesin sisi driver, baiknya cairan ini juga ada di antara level Max & min. Perhatikan juga cara menutup tutup reservoirnya. Apabila level brake fluid bawah level Min, harap ditambahkan brake fluid yang sesuai spesifikasi pada buku manual.

Cek kondisi aki

  • Umumnya, untuk pengecekan aki menggunakan Battery tester agar bisa mendapatkan hasil yang akurat.

Cara cek tekanan ban

  • Dengan alat portable electric compressor, tinggal hubungkan ke cigarette lighter untuk powernya, kemudian pasangkan langsung selang angin pada tiap ban. Jangan lupa mesin harus sambil menyala agar tidak mengambil suplai listrik dari aki langsung.