Advertisement

Cara Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus

Jumali
Selasa, 04 Januari 2022 - 07:47 WIB
Jumali
Cara Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Tipe ban tubeless memang lebih kuat dan tahan kebocoran daripada tubetype. Namun, bukan berarti ban tubeless terbebas dari risiko bocor halus. Ban tipe ini tetap saja berpotensi mengalami kebocoran halus, terutama jika kondisinya sudah aus, ada masalah di bagian pentil ban, dan sambungan ban dengan velg. Simak beberapa tips cara mengatasi ban tubeless bocor halus, yang dikutip dari Auto2000, Senin (03/01/2022):

1. Mencari Kebocoran dengan Air Sabun

Advertisement

Untuk mengatasi ban tubeless bocor halus, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari sumber kebocoran. Anda bisa memutar area permukaan ban untuk menemukannya. Kalau tidak kunjung ketemu, AutoFamily bisa gunakan bantuan air sabun. Pompa dulu ban sampai penuh, lalu putar perlahan sambil disiram air sabun. Gosok-gosok permukaan ban. Ketika muncul gelembung udara, maka itulah sumber kebocoran ban.

2. Menandai Area Bocor

Setelah area kebocoran ketemu, jangan lupa untuk menandainya. Anda bisa menusukkan sapu lidi pada permukaan yang bocor. Tenang, hal ini tidak akan merusak ban, kok. Setelah memasang penanda, cuci bersih ban mobil kesayangan. Lap sampai kering sesudahnya.

3. Tambal dengan Metode Ban Cacing

Anda bisa melakukan penambalan lubang dengan metode ban cacing. Metode ini dimulai dengan melebarkan lubang yang bocor dengan alat mirip pengait. Kemudian karet penambal atau string tubeless dimasukkan ke dalamnya.

Harga string tubeless termasuk terjangkau dan terhitung tahan lama karena bisa dipakai dalam jangka waktu empat hingga enam bulan. Oleh karena itu, jadikan tambal ban dengan metode ban cacing sebagai alternatif saja. Jika sudah bocor dan ditambal dengan metode, jangan menunggu waktu lama untuk membawa ban ke bengkel yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Susunan Pemain dan Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan 8 Besar Piala Asia

Sepakbola
| Kamis, 25 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement