Penyebab Bunyi Saat Mobil Mundur

Ilustrasi. - Freepik
04 Januari 2022 06:47 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Apakah Anda pemilik mobil matic? Jika iya, mungkin pernah mengalami masalah bunyi saat mobil mundur. Bunyi ini biasanya dihasilkan dari kurangnya perawatan pada bagian transmisi manual dan faktor human error dalam penggunaan kendaraan.

Meski begitu, jangan sepelekan mobil yang berbunyi ketika sedang mode gigi mundur. Kalau tak segera diatasi, maka suara akan semakin kencang dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen lain. Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan, seperti dilansir dari Auto2000, Senin (03/01/2022) :

Mengenal Penyebab Bunyi Saat Mobil Mundur

Kenali terlebih dahulu penyebab mobil bisa bunyi saat mundur sebelum melakukan servis mobil di bengkel terdekat.

1. Bunyi Sensor Parkir

Sebelum mencurigai adanya kerusakan pada mobil ketika muncul bunyi saat bergerak mundur. Saat anda menggerakkan mobil mundur untuk parkir, sensor akan menyala dan menjadi ‘penanda’ agar mobil tidak menabrak benda yang ada di belakangnya. Sensor tersebut akan memunculkan bunyi “beep” jika terdapat suatu objek di sekitar mobil. Kalau begini, tak perlu khawatir terhadap bunyi saat mobil mundur karena hal tersebut adalah bagian dari sensor parkir.

2. Oli Mesin Mobil Kurang

Oli mesin mobil berfungsi untuk melumasi segala komponen mesin mobil otomatis. Kurangnya kadar oli di dalam mesin kendaraan bisa menjadi penyebab mobil matic berbunyi ketika mundur. Hal ini mencakup pula bagian oli transmisi mobil. Kalau kadar oli mesin kendaraan tidak dalam kapasitas yang dianjurkan, bukan tidak mungkin komponennya akan mudah berkarat atau aus. Ujungnya, kondisi tersebut menyebabkan transmisi berbunyi ketika mundur.

3. Mobil Kurang Perawatan Rutin

Bunyi saat mobil mundur bisa menjadi alarm penting bagi pemilik kendaraan bermotor. Sebab, pada kondisi normal, mobil tidak akan mengeluarkan suara yang tak seharusnya muncul. Jadi, kalau sampai ada bunyi janggal dari kendaraan, maka kemungkinan besar ada masalah.
Nah, sumber masalah ini bisa karena mobil tidak rutin servis serta perawatan. Alhasil, kotoran menumpuk di dalam mesin dan menyebabkan komponennya tidak berfungsi optimal.

4. Transmisi Kendaraan Rusak

Tak dapat dipungkiri bahwa mobil transmisi otomatis butuh perawatan ekstra daripada transmisi manual. Bagian tuas transmisi mobil otomatis cenderung lebih mudah bermasalah apabila tidak rutin dicek dan diserviskan ke bengkel terdekat. Kalau sampai muncul bunyi saat mobil mundur, maka dicurigai bagian tuas transmisi tersebut bermasalah.
Nah, masalah tersebut pun bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena ada kotoran yang menyumbat, komponen aus atau rusak, hingga kurangnya pelumasan.

5. Pin Pengunci Kampas Rem terlepas

Apakah bunyi saat mobil mundur terdengar seperti “nguk, nguk”? Kalau iya, maka suara tersebut berasal dari bagian roda. Namun, belum tentu rodanya yang bermasalah. Bisa jadi sumbernya adalah sistem pengereman (drum brake) di mana ada salah satu pin pengunci kampas atau per di dalam tromol yang lepas.

Alhasil, kondisi tersebut menyebabkan kampas tidak pada posisi semestinya. Kampas rem akan sedikit miring atau menempel pada bagian tromol sehingga timbul gesekan antara besi dengan besi lainnya. Tidak ada cara lain untuk memperbaiki kondisi tersebut kecuali dengan pembongkaran dan pemasangan per baru.