Advertisement

Terlalu Lama Mengemudi Mobil Menurunkan Kecerdasan? Ini Faktanya

Newswire
Senin, 03 Januari 2022 - 08:07 WIB
Jumali
Terlalu Lama Mengemudi Mobil Menurunkan Kecerdasan? Ini Faktanya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com,JAKARTA - Hobi mengendarai mobil memang tidak pandang bulu, bisa dilakukan oleh pria maupun wanita. Namun, bagi yang senang berlama-lama mengemudikan mobil menempuh perjalanan jauh, harus tetap waspada karena berhubungan dengan berbagai risiko penyakit.

Salah satu penyakit yang bisa timbul dari terlalu lama mengemudikan mobil, adalah serangan jantung. Selain itu, sebuah penelitian juga menemukan bahwa mengemudi lebih dari dua jam sehari bisa saja mengurangi kecerdasan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dilansir Vemale, para peneliti di Inggris menemukan hasil bahwa nilai IQ turun lebih cepat pada seseorang yang berusia paruh baya yang mengemudi setiap hari.

"Mengemudi secara teratur selama lebih dari dua sampai tiga jam sehari adalah hal yang buruk bagi hatimu. Penelitian ini menunjukkan bahwa ini juga buruk bagi otakmu, mungkin karena pikiranmu kurang aktif pada masa itu." kata Kishan Bakrania, salah seorang ahli epidemiologi medis di University of Leicester.

Penelitian ini dilakukan pada 500.000 orang Inggris berusia antara 37 dan 73 tahun selama lima tahun. Mereka pun melakukan tes kecerdasan dan ingatan.

Hasil penelitian

Hasilnya pun cukup mencengangkan, 93.000 orang yang berkendara lebih dari dua sampai tiga jam sehari biasanya memiliki kemampuan otak yang lebih rendah pada awal penelitian, yang terus menurun pada tingkat yang lebih cepat daripada mereka yang tidak mengemudi.

"Mengemudi menyebabkan stres dan kelelahan, dengan studi yang menunjukkan hubungan antara mereka dan penurunan kognitif," tambah sang peneliti.

Advertisement

Jika sedang dalam perjalanan maka usahakan Anda beristirahat. Jangan memaksakan diri dengan mengemudi selama berjam-jam demi kesehatan.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Luar Biasa! Penonton Pertandingan Piala Dunia 2022 Putaran Pertama Lebih dari 1 Miliar

Sepakbola
| Kamis, 01 Desember 2022, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Asyik! Kawasan Groundsill Opak Bakal Jadi Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement