Ini yang Harus Anda Lakukan saat Kunci Mobil Hilang

Ilustrasi. - Freepik
03 Januari 2022 08:27 WIB Newswire Otomotif Share :

Harianjogja.com,JAKARTA — Kunci mobil merupakan salah satu benda yang sering kali dilupakan pemilik kendaraan. Pasalnya kunci mobil memiliki ukuran yang terlampau kecil dan sering kali tanpa disadari terselip maupun jatuh tanpa jejak.
Padahal kunci mobil memiliki peranan yang sangat penting.

Apakah yang terjadi jika kunci mobil hilang? Tentunya mesin mobil tidak bisa dihidupkan. Memang sangat menyebalkan jika Anda mengalami kondisi seperti itu, terlebih bagi Anda yang terburu-buru pasti muncul kepanikan dan sulit memikirkan solusinya.  Berikut cara mengatasi kunci mobil yang hilang :

1. Memakai kunci serep

Hal yang pertama dan sangat sederhana yang perlu Anda lakukan ketika kunci mobil hilang, yakni menggunakan kunci serep. Pada dasarnya setiap pabrikan kendaraan pasti menyediakan kunci kendaraan lebih dari satu, bahkan ada perusahaan yang memberikan kunci cadangan sampai 3 buah. Baiknya selalu sediakan kunci serep dan jagalah baik-baik. Hal tersebut berguna dan dapat menolong Anda apabila kunci utama mobil hilang.

2. Hubungi ahli kunci

Cara kedua yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menghubungi tukang ahli kunci. Umumnya jika tukang tersebut terlatih baik maka dapat mendeteksi dan membuat kunci hanya memakai jarum saja. Biasa juga Anda menghubungi dealer terdekat untuk meminta bantuan pertolongan. Biasanya pihak dealer ada jasa pelayanan ahli kunci.


3. Buat kunci duplikat

Cara ketiga yang bisa Anda manfaatkan yaitu dengan membuat kunci duplikat. Umumnya banyak orang yang manfaatkan kunci serep mobil untuk dilakukan duplikat menjadi kunci cadangan baru. Cara tersebut dapat menjadi solusi tepat supaya apabila terjadi kembali kunci hilang, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda memiliki kunci cadangan.


4. Manfaatkan garansi

Perlu Anda ketahui bahwa cara satu ini hanya dapat digunakan apabila kondisi mobil Anda terlampau baru. Sebab, pada pembelian mobil baru terdapat banyak garansi yang dapat dimanfaatkan jika Anda kesulitan dan terjebak dalam bahaya. Untuk mobil lama sayangnya cara tersebut tidak bisa diimpelentasikan.


5. Klaim asuransi

Apabila mobil Anda terdaftar oleh asuransi maka Anda dapat memanfaatkan cara satu ini. Pasalnya kunci mobil yang hilang masuk kedalam data perlindungan kendaraan. Biasanya biaya yang dikeluarkan terlampau sedikit ketimbang mobil Anda tidak tercover oleh asuransi.

Sumber : iNews