Suara Motor Matic Anda Kasar? Yuk Coba Cek Penyebabnya

Ilustrasi Sepeda Motor Matic - Astra Honda Motor
02 Januari 2022 10:27 WIB Newswire Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Anda memiliki sepeda motor matic? Dan, mesin motor matic Anda tidak lagi bersuara halus atau kasar? Itu artinya Anda memerlukan perawatan yang baik dan benar.

Berikut beberapa penyebab mesin motor matic Anda tidak lagi halus atau kasar ;

1. Gas berlebihan

Penyebab pertama adalah karena terlalu sering digas secara berlebihan. Gas yang berlebihan bisa membuat mesin menghasilkan bunyi yang kasar. Untuk menghaluskan suara mesin motor matic, sebaiknya Anda tidak melaju dengan kencang atau menggunakan gas sevara berlebihan, terutama setelah motor berada dalam kondisi diam.

2. Roller

Penyebab selanjutnya yang membuat suara mesin motor matic tidak enak didengar adalah kondisi roller yang sudah peyang atau sudah tidak berbentuk seperti semula. Roller biasanya berbentuk bulat, namun jika hancur bisa samoai tidak berbentuk lagi. Jika roller rusak, tidak hanya suara yang buruk tetapi performa mesin juga jadi berkurang. Maka perawatan dan pengecekan rutin juga sangat penting untuk lakukan.

3. Plastik Slider Menutupi Rumah Roller

Bukan hanya karena roller yang bermasalah hingga timbul suara berisik di bagian CVT, tetapi ketika plastic slider ternyata menutupi bagian roller juga bisa menjadi sumber suara berisik karena bor yang sudah aus. Jika dibiarkan terlalu lama, bunyinya bisa semakin keras dan bisa menimbulkan getaran dan gerakan pelat tutup roller semakin tidak stabil.

4. Sabuk V-belt

Kondisi selanjutnya yaitu saat sabuk v-belt sudah aus. Ketika sabuk v-belt aus, timbul suara yang mengganggu di bagian CVT. Seakan-akan terdengar seperti rantai yang kendur. Hal ini mengakibatkan tutup CVT atay crankcase sering tergesek belt. Akibat lain yang bisa ditimbulkan selain suara kretek-kretek itu adalah akselerasi awal yang selip.

5. Gearbox

Penyebab kelima yang bisa menjadi penyebab timbulnya bunyi pada motor matic yaitu kondisi gearbox yang sudah aus. Hal ini menyebabkan timbulnya celah antar mata gigi dan kondisinya juga semakin tidak presisi. Dari sinilah timbulnya bunyi yang tidak enak untuk didengar.