Advertisement

Suara Motor Matic Anda Kasar? Yuk Coba Cek Penyebabnya

Newswire
Minggu, 02 Januari 2022 - 10:27 WIB
Jumali
Suara Motor Matic Anda Kasar? Yuk Coba Cek Penyebabnya Ilustrasi Sepeda Motor Matic - Astra Honda Motor

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Anda memiliki sepeda motor matic? Dan, mesin motor matic Anda tidak lagi bersuara halus atau kasar? Itu artinya Anda memerlukan perawatan yang baik dan benar.

Berikut beberapa penyebab mesin motor matic Anda tidak lagi halus atau kasar ;

Advertisement

1. Gas berlebihan

Penyebab pertama adalah karena terlalu sering digas secara berlebihan. Gas yang berlebihan bisa membuat mesin menghasilkan bunyi yang kasar. Untuk menghaluskan suara mesin motor matic, sebaiknya Anda tidak melaju dengan kencang atau menggunakan gas sevara berlebihan, terutama setelah motor berada dalam kondisi diam.

2. Roller

Penyebab selanjutnya yang membuat suara mesin motor matic tidak enak didengar adalah kondisi roller yang sudah peyang atau sudah tidak berbentuk seperti semula. Roller biasanya berbentuk bulat, namun jika hancur bisa samoai tidak berbentuk lagi. Jika roller rusak, tidak hanya suara yang buruk tetapi performa mesin juga jadi berkurang. Maka perawatan dan pengecekan rutin juga sangat penting untuk lakukan.

3. Plastik Slider Menutupi Rumah Roller

Bukan hanya karena roller yang bermasalah hingga timbul suara berisik di bagian CVT, tetapi ketika plastic slider ternyata menutupi bagian roller juga bisa menjadi sumber suara berisik karena bor yang sudah aus. Jika dibiarkan terlalu lama, bunyinya bisa semakin keras dan bisa menimbulkan getaran dan gerakan pelat tutup roller semakin tidak stabil.

4. Sabuk V-belt

Kondisi selanjutnya yaitu saat sabuk v-belt sudah aus. Ketika sabuk v-belt aus, timbul suara yang mengganggu di bagian CVT. Seakan-akan terdengar seperti rantai yang kendur. Hal ini mengakibatkan tutup CVT atay crankcase sering tergesek belt. Akibat lain yang bisa ditimbulkan selain suara kretek-kretek itu adalah akselerasi awal yang selip.

5. Gearbox

Penyebab kelima yang bisa menjadi penyebab timbulnya bunyi pada motor matic yaitu kondisi gearbox yang sudah aus. Hal ini menyebabkan timbulnya celah antar mata gigi dan kondisinya juga semakin tidak presisi. Dari sinilah timbulnya bunyi yang tidak enak untuk didengar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Diwarnai Tiga Gol Penalti Flavio Silva dan Kartu Merah Bagi Bustos, 10 Pemain PSS Tahan Imbang Persik Kediri

Sepakbola
| Rabu, 24 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement