Tips Agar Velg Anda Tak Karatan di Musim Penghujan

Ilustrasi. - Freepik
01 Januari 2022 19:07 WIB Newswire Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Memasuki musim penghujan di akhir tahun, sebaiknya pemilik kendaraan memperhatikan kondisi velg. Pasalnya komponen pada velg sangat rentan menjadi tempat berkumpulnya kotoran seperti pasir, tanah, dan lumpur. Selain itu, velg yang terkena air hujan beresiko karatan.

Berikut cara merawatnya ;

1. Rajin membersihkan velg secara berkala

Tips pertama satu ini merupakan pola kebiasaan baik yang mesti diterapkan supaya terhindar dari velg mengalami karatan. Pasalnya dengan membersihkanya secara berkala membuat velg tetap bersih dan terhindar dari kotoran tebal serta timbulnya kerak yang menimbulkan karat.

2. Gunakan shampoo khusus velg

Sama seperti perawatan body mobil, dalam mencuci velg tidak boleh sembrono menggunakan sabun. Sebab banyak shampoo yang mengandung konditioner yang dapat menyebabkan timbulnya karat lebih cepat. Hal itu dikarenakan bahwa konditioner mengandung minyak yang tidak baik bagi permukaan dan celah-celah velg. Terlebih bagi kamu yang memiliki velg dengan model chrome yang perawatannya cukup merepotkan. Baiknya gunakan shampoo dan sabun khusus velg untuk menjaga kilau cerahnya.

3. Bersihkan menggunakan sikat alus kecil

Bermacam-macam model dan varian velg yang beredar dipasaran terkadang menimbulkan kesulitan saat membersihkannya. Terutama model velg dengan palang banyak. Hal itu membuat ruang pembersihan menjadi sempit dan terbatas. Maka cara satu-satunya untuk memberisikannya dengan menggunakan sikat halus dan kecil. Gunanya untuk dapat menjangkau celah terkecil sekalipun dan sifat halus pada sikat melindungi cat velg mobil Anda tetap aman.

4. Keringkan velg yang basah menggunakan kain halus

Tips selanjutnya ini diterapkan untuk menjaga warna velg supaya tidak tergores akibat kain yang kasar bertpotensi baret . Sebab baret cukup dalam dapat menyebabkan timbulnya karat pada velg loh.

5. Hindari jalanan banjir

Ketika keempat tips sudah dilakoni, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan untuk mejaga Velg agar tidak menyebabkan karatan yaitu dengan tidak melewati genangan air banjir. Perlu kamu ketahui bahwa air banjir mengandung kotoran jahat yang dapat membuat velg rusak dan karatan. Maka dari itu, hindari untuk melewati jalanan banjir atau tergenang air.