Deretan Mobil yang Diperkirakan Meluncur di 2022

All New Fortuner. - Bisnis Indonesia/ Nurudin Abdullah
31 Desember 2021 05:07 WIB Newswire Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Rumor mengenai kendaraan roda empat baru yang akan mengaspal di Indonesia pada 2022 semakin santer terdengar. Banyak bocoran yang berseliweran di media sosial mengenai kehadiran mobil anyar tersebut.

Berikut deretan mobil baru yang diperkirakan akan meluncur di Indonesia pada 2022.

1. Toyota Fortuner 2.8

Toyota Fortuner diperkirakan akan meluncur di Indonesia pada tahun depan. Kabar tersebut mengemuka setelah adanya dokumen pemerintah yang menampilkan informasi mengenai mobil segmen sport utility vehicle (SUV) itu.

Dokumen yang dimaksud yakni Permendagri Nomor 40 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021, tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Dalam dokumen itu terdapat informasi bahwa Fortuner terbaru akan memiliki kubikasi mesin 2.800 cc dan hadir dalam dua tipe yaitu VRZ 4x2 AT dan VRZ 4x4 AT.

Toyota terakhir meluncurkan Fortuner terbaru pada 2020 lalu. Saat itu, Pembaruan di New Fortuner meliputi penyegaran di desain eksterior, interior, konektivitas, dan keamanan. Mobil tersebut dilengkapi mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm.

2. Vitara Brezza

Suzuki kemungkinan akan meluncurkan kendaraan baru pada 2022. Diketahui, pabrikan otomotif Jepang itu hingga saat ini sudah jarang memberikan suguhan kendaraan terbaru untuk pasar Indonesia.

Padahal di negara lain mereka sudah merilis berbagai model seperti Swift, Vitara Brezza, hingga S-Presso.

Rumor yang berkembang Suzuki kemungkinan akan membawa Suzuki Vitara Brezza di Indonesia untuk bermain di segmen Small SUV. Vitara Brezza akan bersaing dengan Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan Kia Sonet.

Mobil ini juga dikabarkan akan menggunakan mesin bensin 1,5 liter seperti yang sudah digunakan di Suzuki Ertiga yang menghasilkan tenaga sebesar 104 PS dan torsi mencapai 138 Nm.

3. Mobil hybrid Toyota

Toyota akan mulai memproduksi mobil hybrid buatan Indonesia pada 2022.

Presiden PT Toyota Motor Manufactruing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan persiapan ekspor untuk model Hybrid Electric Vehicle (HEV) produksi lokal pada 2022.

Artinya, akan ada mobil hybrid pertama Toyota buatan lokal yang akan diperkenalkan di Tanah Air pada tahun depan.

4. Isuzu mu-X 4x2

Setelah meluncurkan mu-X 4x4 pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berpeluang memboyong mu-X 4x2 ke Tanah Air pada tahun depan.

Chief Operating Officer PT Astra International – Isuzu Sales Operation, Yohanes Pratama beberapa waktu lalu mengatakan pihaknya tengah mempelajari apakah mu-X 4x2 cocok dihadirkan untuk pasar Indonesia.

Isuzu mu-X 4x4 lebih diperuntukkan untuk kendaraan di area tambang, sedangkan mu-X berpenggerak 4x2 hadir sebagai kendaraan penumpang dengan fitur yang lebih melimpah, termasuk fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS).

5. Honda HR-V

Honda juga diperkirakan akan meluncurkan kendaraan terbaru segmen SUV compact di Indonesia pada 2022. Rumor yang berkembang menyebut bahwa kendaraan yang dimaksud adalah Honda HR-V.

Kabar tersebut mencuat setelah unit yang diduga kuat HR-V terbaru itu tertangkap kamera sedang berkamuflase dan dikendarai untuk diuji jalan.

6. Wuling GSEV

Wuling Motors akan mulai lini mobil listrik dengan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV) di Indonesia pada 2022.

Wakil Presiden Wuling Motors Han Dehong mengatakan pihaknya siap menghadirkan produk terbaru untuk berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Platform mobil listrik Wuling (GSEV) telah dipamerkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya di Grand City Convex selama 8-12 Desember 2021 lalu.

GSEV merupakan platform kendaraan listrik yang dikembangkan Wuling dengan mengusung bentuk dan ukuran kompak namun menghadirkan kenyamanan kabin yang lega. Platform itu tersedia dalam dua pilihan konfigurasi bangku yakni 2-seater ataupun 4-seater.

Sumber : Antara