Merokok Dalam Mobil, Bikin Harga Jual Kembali Mobil Jatuh

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
30 Desember 2021 16:47 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Merokok dalam mobil sejatinya sangat tidak dianjurkan. Akan tetapi, sampai saat ini masih banyak sopir dan penumpang yang nekat merokok dalam mobil. Selain akan membahayakan jiwa, ternyata, merokok dalam mobil bisa menurunkan nilai jual kembali mobil tersebut.

Seperti dikutip dari laman Auto2000, Kamis (30/12/2021) nilai jual kembali mobil akan turun jika sopir ataupun penumpang merokok dalam mobil. Sebab, bau asap sangat sulit untuk dihilangkan. Selain itu bagian plafon kabin dapat berubah warna akibat terlalu sering kena asap rokok.  “Jika sudah demikian pembersihan dan perbaikannya tergolong sulit,” tulis laman tersebut.

Tak hanya bagi kabin mobil, merokok dalam mobil juga membahayakan pengguna jalan lainnya. Jika merokok sambil mengemudi dengan membuka kaca, abu atau bara rokok yang terbawa angin bisa membahayakan pengendara sepeda motor atau pejalan kaki.

Belum lagi jika bara rokok menyambar material mudah terbakar bisa fatal akibatnya. Di samping itu kegiatan merokok sendiri dapat memecah konsentrasi mengemudi.