Beli Ban Mobil? Perhatikan Hal Ini

Ilustrasi. - Freepik
30 Desember 2021 14:47 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Seiring perkembangan zaman, ban mobil semakin ditingkatkan performanya demi alasan keamanan dan keselamatan saat berkendara. Sebab, secara umum, ban mobil sangat memengaruhi performa kendaraan. Berbagai merek ban mobil pun berlomba-lomba untuk memproduksi ban mobil dengan spesifikasi tertentu. Mulai dari meningkatkan fungsi pengereman, peredam guncangan, memperbaiki fungsi setir mobil, sampai menjadi penopang seluruh beban yang ada pada mobil.

Dari sejumlah fungsi ban mobil yang disebutkan di atas, setidaknya kita bisa jadikan patokan kalau memilih ban mobil itu nggak boleh sembarangan. Namun, Sebelum mengulas lebih jauh terkait merek ban mobil terbaik, tak ada salahnya untuk simak dulu beberapa tips berikut jika Anda ingin membeli ban mobil.

Berikut tips memilih ban mobil, seperti dilansir dari laman Daihatsu, Kamis (30/12/2021):

1. Pilih yang sesuai dengan tipe mobil

Setiap mobil punya tipe dan ukuran bawaan ban. Tipe ban mobil itu biasanya tertulis pada bagian plakat laci atau pintu mobil, tergantung jenisnya. Rekomendasi bawaan pabrik itu bisa jadi patokan biar ban mobil yang dibeli sesuai.

Di buku petunjuk penggunaan, biasanya tertulis tipe dan ukuran ban dalam kombinasi kode khusus. Misalnya kalau ada ban mobil dengan kode P215/55R17 93V, huruf 'P' merupakan kode yang berarti Passenger alias penumpang. Artinya mobil didesain untuk mengangkut orang atau penumpang.

Jenis-jenis kode lain juga ada yang bertipe LT atau Light Truck atau truk kecil yang bisa digunakan untuk membawa barang. Lalu ada ST atau Special Trailer dan T untuk temporary yang khusus untuk ban cadangan, sehingga tidak disarankan untuk digunakan permanen.


2. Sesuaikan dengan ukuran ban mobil

Syarat paling penting dalam memilih ban mobil adalah soal ukurannya. Sebagai pemilik mobil, Sahabat harus paham tentang hal ini. Setiap ban mobil biasanya juga disertai beberapa kode di samping yang merupakan informasi tentang ukuran ban.

Misalnya MPV1 185/70R14, angka 185 pertama menunjukkan berapa lebar telapak ban dalam satuan milimeter. Kemudian angka selanjutnya yaitu 70 memiliki arti ketebalan ban dalam persentase atas lebar tapaknya. Sedangkan angka terakhir yakni 14 menunjukkan diameter dari velg mobil dalam satuan inchi.

Dalam memilih ban mobil, Sahabat bisa membedakan berdasarkan beberapa kriteria. Ada ban tubetype (dengan ban dalam) dan tubeless (tanpa ban dalam), ada ban bias dan radial.


3. Pilih ban yang lebarnya sesuai

Perlu Sahabat ketahui, lebar ban sangat berpengaruh pada performa mobil, kecepatan hingga daya cengkram saat pengereman. Tapi, lebarnya pun harus disesuaikan dengan ukuran velg mobil. Jangan sesekali mengubah atau memodifikasi mobil di luar ketentuan yang tertulis di petunjuk penggunaan, sebab jika ban dan velg mobilnya berubah, justru bisa memengaruhi performa mobil hingga terjadi ketidaksesuaian dengan kapasitas mesin.


4. Pola tapak dan ketebalan ban

Pola tapak ban sangat memengaruhi manuver dan akselerasi mobil. Jika gesekannya kecil, maka risiko untuk tergelincir di jalan akan lebih besar. Dampak terburuknya, bisa meningkatkan risiko kecelakaan di jalan.

Memilih tapak ban mobil dengan alur V merupakan yang terbaik. Tapak ban dengan alur V dianggap memiliki daya gesek yang tinggi terhadap permukaan jalan, sehingga traksi mobil jadi lebih baik.

Pola tapak ban V juga cocok dengan musim di Indonesia yang cenderung bikin jalanan basah dan licin karena hujan. Pola tapak V dikatakan bisa bertahan dalam mempertahankan posisi ban agar lebih stabil.

Sementara, ketebalan ban berpengaruh pada keseimbangan mobil. Baiknya memilih ketebalan ban 50. Harga ban yang ketebalannya tinggi memang sedikit lebih mahal, tetapi perbandingannya tidak terlalu jauh.


5. Jangan pelit kalau beli ban mobil

Poin kelima ini bukan berarti Sahabat disarankan untuk beli ban mobil paling mahal lho ya! Tapi lebih ke arah cermat dalam memilih ban mobil. Belilah ban mobil di tempat yang resmi dan terpercaya yang sudah pasti terjamin kualitasnya. Bahkan kalau bisa cari tempat yang memberi jasa pemasangan ban mobil langsung jika memang harus diganti saat itu juga.