Ban Baru Terasa Licin, Ini Sebab & Cara Mengatasinya

Teknisi Astra Motor Yogyakarta memberikan servis gratis kepada puluhan kendaraan sepeda motor milik karyawan Harian Jogja, Jumat (15/2/2019). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
29 Desember 2021 14:27 WIB Jumali Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Bagi pengendara sepeda motor, Anda pasti pernah merasakan bila ban baru terasa begitu licin pertama kali digunakan.

Ban baru terasa licin disebabkan oleh lapisan lilin atau silikon pada ban, serta daya cengkeramnya terhadap jalanan yang belum optimal.

Berikut penjelasan lebih lengkap terkait dengan ban baru terasa licin, seperti dikutip dari Wahana Honda :

  • lapisan silikon

Permukaan ban baru biasanya masih dilapisi silikon maupun lilin. Lapisan ini berguna untuk menjaga ban ketika masih dalam masa penyimpanan di storage, dengan masa kadaluarsa selama lima tahun.

Bila diperhatikan, ban baru memiliki bercak putih pada alur ban, saat bungkus baru dibuka. Lapisan lilin ini sebenarnya muncul setelah ban melalui tahap curing. Istilah awamnya, setelah "dimasak".

Proses ini dilakukan dengan mencampur bahan-bahan produksi ban seperti karet, polimer karbon, serta sulfur, yang kemudian menghasilkan lapisan kompon pada ban.

  • Daya cengkeram ban belum optimal

Keberadaan lapisan lilin berdampak pada daya cengkeram ban. Kondisi permukaan ban yang masih memiliki lapisan lilin itu akhirnya membuat daya cengkeram ke jalanan jadi berkurang.

Lalu apa yang bisa dilakukan agar ban tidak licin?

  • cuci ban
  • Ampelas ban
  • Mengendarai motor