Deretan Mobil yang Disuntik Mati di 2021

Presdir PT Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito (kanan) saat peluncuran model terbaru New Nissan Terra di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE-BSD, Tangerang, Banten, Kamis (2/8/2018). - Antara/Zarqoni Maksum
27 Desember 2021 09:27 WIB Newswire Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sepanjang 2021 banyak mobil baru diluncurkan di Indonesia. Namun, ada juga yang di-stop produknya.
Sejumlah, pabrikan memutuskan menyuntik mati mobilnya tahun ini karena gagal bersaing alias kurang laku. Di samping itu, ini jadi bagian strategi produsen otomotif fokus pada segmen kendaraan yang lebih laris, serta adanya model baru sebagai pengganti. Apa saja mobil yang di-stop produksnya di Indonesia?
Berikut deretan mobil disuntik mati pada 2021 :

1. Honda Jazz

PT Honda Prospect Motor (HPM) memutuskan menghentikan produksi Honda Jazz di Indonesia. Honda Jazz terakhir kali diproduksi pada Januari 2021. Padahal mobil ini sempat menjadi city car terlaris di masanya. Kehadiran Honda Jazz digantikan City Hatchback yang diluncurkan pada awal Maret 2021.

2. Nissan Terra

Nissan mengumumkan Terra sudah tak lagi diproduksi dan menghentikan penjualannya untuk pasar Indonesia. Mobil yang baru diluncurkan pada 2019 tak bisa menyaingi merek lain di pasar SUV leader frame, seeprti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

3. Mitsubishi Outlander Sport

PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang sudah tak lagi memproduksi Outlander Sport untuk Indonesia. Padahal, mobil ini merupakan pionir dari SUV Compact di Tanah Air. MMKSI tidak lagi membawa mobil ini di pameran dan telah menarik semua informasi terkait Outlander Sport dari situs resminya.

4. Isuzu Panther

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengumumkan Isuzu Panther sudah tak dijual dan diproduksi lagi untuk pasar Indonesia, sejak Februari 2021. Alasan penghentian tersebut karena mobil berjuluk Rajanya Diesel ini terbentur regulasi Euro 4. Isuzu juga mengakui pasar Panther menurun tergantikan merek-merek lain. Isuzu pun memilih fokus di pasar mobil komersial.

5. Karimun Wagon R

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memutuskan menyuntik mati Karimum Wagor R. Alasannya, perusahaan akan mengembangkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Suzuki telah menyiapkan penggantinya mobil listrik hybrid pada 2022. Mereka mengklaim mobil pengganti Karimun R ini akan dijual dengan harga terjangkau.