Advertisement

Jangan Sampai Salah, Ini Beda Oli Mineral dan Oli Sintetik

Khadijah Shahnaz
Senin, 27 Desember 2021 - 04:27 WIB
Jumali
Jangan Sampai Salah, Ini Beda Oli Mineral dan Oli Sintetik Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Oli mesin menjadi salah satu bagian penting di dalam sistem kerja mobil. Maka dari itu oli harus diganti secara berkala, adapun ada beberapa jenis oli mesin yaitu oli mobil sintetik dan mineral. Simak perbedaan antara kedua oli tersebut.
Dilansir dari Auto2000, kedua oli tersebut memiliki kelebihan dan karakteristiknya masing-masing. Perbedaan dari kedua jenis oli ini memang penting karena fungsinya cukup besar. Fungsinya mencakup melumasi komponen mesin, mencegah keausan, membersihkan mesin, hingga mendukung menjaga suhu mesin tetap sesuai. Jadi, apa saja perbedaan oli sintetik dan mineral?
1. Oli Mineral
Oli mineral adalah jenis oli yang dibuat dari bahan baku minyak bumi. Dengan diambil dari hasil bumi yang alami, dibutuhkan proses pengolahan cukup panjang untuk menjadi oli mesin berkualitas.
Salah satu poin utama dari perbedaan oli mineral dengan oli sintetik adalah tingkat kekentalan atau viskositasnya. Oli mineral tidak memiliki kemampuan melepas panas mesin mobil sebaik oli sintetik. Selain itu juga mudah menguap dan teroksidasi. Struktur oli mineral tidak rata sehingga dapat mempengaruhi kinerja pelumasan mesin . Dengan kinerjanya yang sepertinya, akhirnya oli mineral memiliki usia pakai yang cenderung lebih pendek ketika dibandingkan dengan oli sintetik.
2. Oli Sintetik
Oli sintetik adalah jenis oli ini dapat muncul karena perkembangan teknologi yang terus berkembang. Tuntutan pasar membuat produsen oli memperbaiki kinerja dari oli mineral. Beruntung, dengan dukungan teknologi dan perhitungan kimia, akhirnya lahir oli sintetik. Oli sintetik dibuat murni dari rekayasa kimia, berbeda dengan oli mineral yang menggunakan bahan baku minyak bumi.
Hasil rekayasa kimia ini akhirnya membuat struktur molekul oli sintetik lebih baik dan teratur. Selain itu, kelebihan lain dari oli sintetik adalah tingkat viskositas lebih rendah sehingga cocok digunakan di dalam mesin modern dengan tingkat presisi yang tinggi. Kemampuan melepas panas lebih baik, hingga tidak mudah teroksidasi dan menguap menjadi bukti kehebatan oli sintetik.
Jika melihat bagaimana keunggulan dari oli sintetik yang telah dijelaskan di atas, maka Teman Bisnis lebih disarankan untuk menggunakan oli sintetik. Apalagi jika menggunakan mesin modern. Sudah pasti oli sintetik lebih disarankan.

Kepala Bengkel Auto2000 Indramayu Dani Muhammad Sidik menyarankan agar mobil modern perlu untuk selalu menggunakan oli jenis sintetik. "Hal itu dikarenakan molekul oli sintetik lebih rata, sehingga mengurangi gaya gesek lebih sempurna. Jika kerap pakai oli palsu maka mesin cepat aus dan timbul bunyi bunyi. Parahnya lagi berpotensi turun mesin,” tutup Dani.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Statistik Timnas Indonesia Melawan South Korea di Perempat Final Piala Asia, Memang Pantas Menang

Sepakbola
| Jum'at, 26 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement