Advertisement

Ingin Dongkrak Mobil? Ini Cara yang Benar

Newswire
Minggu, 26 Desember 2021 - 11:07 WIB
Jumali
Ingin Dongkrak Mobil? Ini Cara yang Benar Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mendongkrak mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk mendongkrak mobil dengan aman.
Berikut ini cara mendongkrak mobil yang benar dan aman, dikutip dari laman resmi Daihatsu, Sabtu (25/12/2021).
1. Cek kondisi dongkrak
Langkah pertama sebelum mendongkrak mobil adalah dengan mengecek kondisi dongkrak. Pengecekan kondisi dongkrak bisa membuat kamu tahu apakah dongkrak masih layak pakai atau tidak.
Saat dongkrak tersebut mengalami beberapa masalah, seperti oli bocor hingga beberapa komponen dongkrak yang hilang, berarti dongkrak tersebut tidak lolos kualifikasi untuk digunakan.
Sebab jika dongkrak bermasalah bisa menimbuklkan malafungsi saat digunakan lalu mobil yang terangkat tinggi bisa tiba-tiba jatuh dan merusak kondisi mobil.
2. Cari permukaan jalan yang rata
Saat mengalami masalah pada ban, menepilah secara perlahan dan cari permukaan jalan yang rata. Karean permukaan jalan yang tidak rata seperti di tanjakan bisa berbahaya karena kondisinya tidak seimbang.
3. Mencari tumpuan mobil yang pas
Seperti halnya kondisi jalan datar atau landai, permukaan mobil yang menjadi tumpuan dongkrak mobil juga harus diperhatikan. Hal ini disebabkan tidak semua permukaan mobil bisa dijadikan tumpuan saat akan mendongkrak mobil. Adapun bagian mobil yang bisa digunakan sebagai tumpuan saat untuk proses jacking adalah bodi monocoque dan bodi frame terpisah.
Kedua bagian tersebut akan untuk tumpuan dongkrak karena bodi monokok memiliki struktur rangka yang menyatu dengan bodi mobil lainnya sehingga ditahan oleh area samping bawah mobil depan dan belakang di bagian lower arm suspension.
4. Mendongkrak mobil yang benar
Ada tiga jenis dongkrak yang biasanya dimiliki oleh pemilik kendaraan pribadi, yaitu dongkrak botol, dongkrak gunting, dan dongkrak buaya. Ketiga dongkrak ini memiliki bentuk yang berbeda dan kemampuan menahan beban dengan berat yang berbeda.
Dongkrak mana pun yang kamu miliki, harus memompa tuas dengan perlahan hingga mobil terangkat. Ingat, jangan angkat mobil terlalu tinggi, cukup pada keadaan 10 hingga 15 cm saja supaya mobil tetap seimbang. Saat tujuan mendongkrak untuk mengganti ban mobil yang bocor atau pecah, sebelum dongkrak ditekan, kamu harus melonggarkan seluruh baut pada ban mobil supaya lebih mudah dan cepat dalam melepas ban nantinya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Milan vs Inter Skor 1-2: Nerazzurri Juara Liga Italia 2023/2024, Pertandingan Panas Diwarnai 3 Kartu Merah

Sepakbola
| Selasa, 23 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement