Advertisement

Mau Pasang Kampas Rem Sepeda Motor di Rumah? Ini Caranya

Newswire
Minggu, 26 Desember 2021 - 04:07 WIB
Jumali
Mau Pasang Kampas Rem Sepeda Motor di Rumah? Ini Caranya Ilustrasi. - Honda

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Memasang kampas rem sepeda motor sendiri di rumah sejatinya sangat mudah. Tidak butuh peralatan berat sehingga bisa dilakukan sambil mengisi keseharian di rumah ketika waktu senggang.
Tidak hanya itu, memasang kampas rem sepeda motor akan mengehemat biaya perawatan kendaraan. Umumnya setiap bengkel memasang tarif Rp35.000-Rp100.000 dalam pemasangan sepasang kampas rem motor.
Bagaimana cara pasang kampas rem di rumah? Berikut ulasannya.


1. Siapkan kunci dan peralatan pendukung
Sebelum memulai membongkar kampas rem ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa alat pendukung untuk membantu Anda dalam melakukan pembongkaran. Alat yang dibutuhkan meliputi:
- Obeng min (-)
- Tang ukuran besar
- Kunci L kecil
- Kunci ring 17mm, 12mm, 10mm
- Kunci “T” 12mm
- Kayu penahan

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

2. Bongkar kampas rem depan
Untuk membongkar kampas rem bagian depan ada baiknya membongkar baut pengait braket dan kaliper rem. Umumnya pembongkaran baut dilakukan dengan memakai kunci L. Setelah itu barulah melepas braketnya dan mulai membongkar kampas lama yang terdapat pada dalam kaliper.
3. Longgarkan jarak main kaliper rem gunakan obeng Langkah selanjutnya Anda dalam melonggarkan caliper rem dengan mendorongnya menggunakan obeng. Pasalnya kampas rem baru memiliki ketebalan yang cukup lebar, maka perlu disesuaikan.
Ketika sudah dipastikan kelonggaran cukup maka masukan kampas satu persatu. Untuk kampas kedua dapat dibarengi dengan memasang dan mengencangan baut penyangga tersebut ke fork arm suspensi.
4. Buka mur AS roda dengan kunci ring 17
Baut pada as roda sebaiknya lakukan pembongkaran terlebih dahulu. Setelah baut sudah terbuka kemudian lepas as roda tersebut dan segera mengeluarkan panel rem tromol sembari melepas juga kampas rem lama pada tromol bagian belakang dengan menggunakan obeng min (-)
5. Pasang kampas rem
Setelah melepas kampas rem lama Anda dapat bersihkan terlebih dahulu tromolnya. Untuk memberisihkannya Anda bisa menggunakan kompressor maupun kuas.
Setelah dipastikan bersih maka pasangkan kampas rem satu persatu kedalam tromol belakang. Setelah sudah dipasangkan dengan benar kemudian beri greese pada kedua sisi panel tromol. Hindari greese menyentuh kampas rem belakang.
6. Kencangkan klip pengaman
Selanjutnya yang dapat Anda lakukan yakni dengan memasang pengaman agar mur tidak kendur/lepas ketika hendak digunakan.
7. Atur jarak rem menggunakan kunci T 12
Sebelum Anda menggunakan motor setelah menagganti kampas rem, Ada baiknya lakukan penyetelan dahulu as panel rem tromol deng an kunci T 12. Ini untuk mengatur seberapa jauh jarak mainnya tuas rem belakang yang ideal.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Begini Pembagian Fase Gugur Piala Dunia 2022: Argentina Bagian Atas, Inggris dan Prancis Bawah

Sepakbola
| Kamis, 01 Desember 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Asyik! Kawasan Groundsill Opak Bakal Jadi Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement