Jangan Panik Saat Kap Mobil Berasap, Ini Cara Mengatasinya

Ilustrasi. - Freepik
26 Desember 2021 10:07 WIB Newswire Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kap mesin mobil mengeluarkan asap menjadi momok menakutkan bagi setiap pemilik kendaraan. Bila ini terjadi, jangan panik segera tepikan kendaraan di tepat aman dan matikan mesin. Mobil mengeluarkan asap menjadi tanda kendaraan mengalami masalah serius. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penyebab dan cara mengatasi kap mesin mobil mengeluarkan asap:
1. Radiator bocor
Umumnya kap mesin mobil mengeluarkan asap karena terjadi kebocoran pada radiator atau tutup radiator terlepas. Ini menyebabkan radiator tidak mampu lagi melawan panas mesin dan mengalami kebocoran. Air yang muncrat dari radiator mengenai komponen mesin sehingga menimbulkan asap.
Cara mengatasinya isi kembali air radiator (water coolant) dan pasang penutup radiator baru. Jika masalahnya kebocoran pada radiator segera hubungi bengkel resmi atau bengkel spesialis radiator untuk menanganan lebih lanjut
2. Mesin overheat
Kap mesin dapat mengeluarkan asap akibat mesin mengalami overhat. Penyabab mesin overheat bisa terjadi karena radiator rusak atau matinya komponen extra fan yang membuat temperatur mobil menjadi lebih panas.
Cara mengatasi masalah ini pemilik dapat menunggu mesin mobil dingin serta mengisi kembali air radiator yang kurang menggunakan air biasa untuk keperluan mendesak. Setelah itu pemilik bisa melanjutkan perjalanan menuju kebengkel terdekat untuk memperbaiki komponen pendinginan yang bermasalah
3. Oli bocor
Oli mobil mengalami kebocoran bisa menjadi penyebab kap mesin mengeluarkan asap. Terdapat dua penyebab oli mengalami kebocoran, pertama pemilik lupa menutup lubang oli dengan rapat dan kencang setelah mengganti pelumas, kedua usia pakai seal yang sudah getas.
Oli yang menetes pada mesin sangat panas dapat menimbulkan asap. Cara mendeteksinya dengan mencium aroma. Jika tercium bau seperti minyak ini dapat diprediksi oli mengalami kebocoran. Langkah yang harus dilakukan yakni mendinginkan mesin terlebih dahulu sembari menambah oli baru untuk menjaga level tetap normal.
Setelah dingin carilah bengkel terdekat untuk memperbaikinya.
4. Korsleting listrik
Penyebab sangat krusial kap mesin mengeluarkan asap adalah konsleting listrik. Umumnya hal itu terjadi akibat pemasangan aksesories modif tidak benar.
Kabel yang tersambung tidak rapi menimbulkan percikan api yang membuat wearing perkabelan menjadi kacau. Percikan api pada kabel dapat menimbulkan kebakaran. Jika terjadi demikian langkah yang harus dilakukan tepikan mobil, matikan mesin dan segera keluar dari kendaraan. Hubungi petugas derek atau bengkel untuk meminta bantuan.

Sumber : okezone