Profil Ahmad Sahroni, Ketua Pelaksana Formula E Pernah Kerja Serabutan

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni. - Antara
27 November 2021 16:17 WIB Nyoman Ary Wahyudi Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk Sekretaris Jenderal Ikatan Motor Indonesia (IMI) Ahmad Sahroni sebagai ketua pelaksana balapan mobil listrik Formula E. Sahroni saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari fraksi NasDem yang membidangi urusan hukum, hak asasi manusia dan keamanan.

Hanya saja, fokus Komisi III itu relatif jauh dari latar belakang Sahroni yang menahkodai sejumlah perusahaan dengan basis bisnis pemasok bahan bakar kapal.

Pernah bekerja sebagai sopir dari tahun 1999 sampai tahun 2000, Sahroni kemudian naik posisi menjadi staf operasional di PT Milenium Inti Samudera tahun 2001. Setelah sempat jadi sopir, karier Sahroni di bisnis pamasok bahan bakar kapal melejit hingga menjadi direktur utama di sejumlah perusahaan.

BACA JUGA: Mahasiswa UGM Bikin Riset Ekstrak Daun Selasih

Misalkan, sejak tahun 2003 hingga 2005, dia menjabat direktur utama di PT Sagakos Intec, lalu PT Ekasamudera Lima pada tahun 2005 hingga 2014 dan PT Ruwanda Satya Abadi pada tahun 2008 hingga 2013.

Sahroni saat ini adalah pemilik perusahaan PT Ekasamudera Lima dan PT Ruwanda Satya Abadi yang memiliki beberapa kapal tongkang pengangkut BBM.

Sebelum sukses, anak Priok penjual nasi padang itu juga pernah bekerja serabutan seperti penyemir sepatu, ojek payung dan sederet pekerjan lain yang jauh dari kesan kemapanan.

Malahan dalam berbagai kesempatan, Sahroni menuturkan dirinya memulai karier pekerjaan sebagai tukang angkat selang pengisi bahan bakar kapal di Pelabuhan Tanjung Priok.

Pekerjaan itu mengharuskannya untuk mengangkat beban selang yang mencapai 75 kilogram. Dia juga mengaku sempat menjadi tukang bersih kuali raksasa di dapur kapal pesiar yang bersandar di Miami, Amerika Serikat.

Penunjukkn Sahroni sebagai ketua pelaksana balap mobil listrik itu dinilai sejalan dengan kiprahnya di dunia otomotif di Tanah Air. Mengutip laman resmi DPR RI, Sahroni sudah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 1997, dia menjadi Humas Famili Escudo Club (FEC) hingga 1998.

Petualangannya di dunia otomotif berlanjut pada periode 2009 – 2012, dia menjabat sebagai Presiden M Owners Club Indonesia dan Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI) pada periode 2011-2016.

Saat ini, Sahroni masih aktif menjabat sebagai Presiden Mclaren Club Indonesia (MCI) sejak 2018 dan komunitas supercar Brotherhood Club Indonesia (BCI) di mana dia merupakan pendiri.

Tidak hanya menggeluti organisasi roda empat, Sahroni juga aktif di bidang kendaraan motor roda dua. Dia pembina di organisasi Motor Besar Indonesia (MBI) sejak 2018.

BACA JUGA : KKN UMY Tingkatkan Pemahaman Lansia tentang Hipertensi 

Kemudian, pada 2015 Sahroni bergabung di Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai Wakil Ketua. Bersama Ketua MPR RI yang juga merupakan Ketua Umum IMI, Sahroni ditunjuk Anies Baswedan untuk memimpin penyelenggaraan Formula di Jakarta.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia