Sirkuit WSBK 2021 Mandalika Tetap Kebanjiran Meski Sudah Ditabur 3 Ton Garam

Tangkapan layar - Sirkuit WSBK 2021 di Mandalika Lombok, NTB kbanjir setelah diguyur hujan deras Sabtu (20/11/2021). JIBI - Bisnis/Nancy Junita @akuberpendapat
21 November 2021 05:57 WIB Nancy Junita Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Sirkuit Mandalika di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) tempat berlangsungnya WSBK 2021 kebanjiran setelah area tersebut diguyur hujan pada Sabtu (20/11/2021).

Banjir yang merendam sirkuit tersebut diunggah akun Twitter @akuberpendapat. Akun itu menggungah dua video yang memperlihatkan banjir di jalan underpass menuju area sirkuit.

Juga, video area sirkuit direndam banjir. Akun itu menyebut, akibat hujan deras, banyak muncul genangan air, dan panitia kurang siap untuk mengangkut penumpang yang hendak kembali.

Sebelumnya, pesawat Casa N212 TNI Angkatan Udara menabur tiga ton garam atau natrium klorida (NaCl) di atas awan sekitar Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk mencegah terjadinya hujan di areal Sirkuit Mandalika.

 "Jadi sebelum awan itu bergeser ke areal Sirkuit Mandalika, hujannya sudah jatuh saat bertemu dengan garam yang ditabur Tim Modifikasi Cuaca TNI AU, itulah namanya rekayasa hujan," kata Komandan Resor Militer (Danrem) 162/Wira Bhakti Brigadir Jenderal TNI Ahmad Rizal Ramdhani di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Sabtu (20/11/2021).

Garam yang ditabur di atas awan tersebut, katanya, berbentuk kasar. Stok kebutuhan garam didapatkan dari produk lokal.

"Kita tahu sendiri kalau garam di sini banyak, terutama di Bima, itu banyak," ucap dia.

Oleh karena itu sebanyak tiga ton garam telah ditabur sejak perhelatan balap internasional digelar, Jumat (19/11/2021).

Hal itu memberikan dampak perhelatan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika berlangsung dengan kondisi cuaca panas tanpa hujan.

"Mudah-mudahan cuacanya terus seperti ini. Nyaman, agak dingin-dingin, namun masih bisa melaksanakan balap di Sirkuit Mandalika," ujarnya.

 

 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia