Lexus Jadi Produsen Mobil Paling Andal 2021, Tesla dan Jeep Disalip

Lexus LS 500. Lexus siap kembali memperkuat eksistensinya di dunia mewah dengan desain, craftsmanship, dan performa. - Lexus
19 November 2021 08:37 WIB Hadijah Alaydrus Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Laporan Keandalan Otomatis 2021 dari Consumer Reports mencatat Lexus sebagai produsen mobil paling andal, diikuti oleh Mazda dan Toyota.

Cukup mengejutkan, Jeep, Tesla dan Lincold berada di urutan terbawah. Laporan tersebut, yang dirilis Kamis (18/11/2021), juga fokus melihat masalah pada mobil pemilik dalam 12 bulan terakhir dan menggunakan data itu untuk memprediksi seberapa andal model baru dari para produsen mobil besar.

Consumer Reports mensurvei pemilik lebih dari 300.000 kendaraan dari model tahun 2000 hingga 2021, dan menggunakan data tersebut untuk membuat prediksi tentang 269 kendaraan model tahun 2022 yang berbeda. Laporan ini mencakup 28 pembuat mobil dan 144 model dengan sejarah yang mapan.

Kendaraan listrik bertenaga baterai menempati segmen yang lebih besar dari daftar tahun ini daripada sebelumnya, dan peringkat keandalannya sangat bervariasi, sementara mobil hibrida gas-listrik termasuk di antara kendaraan yang paling andal secara keseluruhan.

Direktur Senior Pengujian Mobil di Consumer Reports Jake Fisher mengatakan pihaknya menilai 11 model listrik penuh dari delapan merek, termasuk lima SUV listrik penuh.

“Seluruh pasar menuju armada EV penuh. Kami sangat tertarik untuk melihat apa artinya ini dalam hal keandalan,” kata Fisher, dikutip dari CNBC International.

Secara keseluruhan, merek mewah Toyota Lexus merebut kembali posisi teratas dalam survei keandalan setelah Mazda mengambil alih tahun lalu, menandai pertama kalinya dalam 15 tahun merek Toyota tidak menjadi No. 1.

Mazda menempati peringkat kedua dalam survei tahun ini, diikuti merek utama Toyota. Merek domestik seperti Chrysler, Chevrolet, dan Ford memiliki keandalan rata-rata, sementara merek lain seperti Ram, GMC, dan Jeep berada di bawah rata-rata. Merek mewah Lincoln Ford berada di peringkat terakhir di urutan ke-28, di belakang Tesla.

Peringkat keandalan untuk EV sangat bervariasi. Tesla Model X dan Audi E-tron menempati peringkat terakhir di segmen ini untuk keandalan, sedangkan Kia Niro EV berada di peringkat jauh di atas keandalan rata-rata. Sementara itu, Nissan Leaf dan Ford Mustang Mach-E yang lebih baru mencetak keandalan di atas rata-rata.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia