Kenali 9 Piranti Keselamatan pada Toyota Avanza

Toyota Avanza Veloz. Penjualan ritel Avanza pada Agustus masih terhitung baik di angka 2.231 unit. - BISNIS.COM
29 Agustus 2021 07:57 WIB Dionisio Damara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Mengemudi di jalan raya memang penuh dinamika. Itu sebabnya penting bagi pengemudi untuk senantiasa mengedepankan keselamatan mengemudi.

Dikutip dari Auto2000, Sabtu (28/8/2021), kecelakaan yang melibatkan Toyota Avanza cukup jamak terjadi. Oleh sebab itu, Toyota membekali Avanza sejumlah fitur keselamatan agar meminimalkan kerusakan dan cedera.

Sebagai informasi, Avanza adalah model terlaris Toyota pada Juli 2021. Adapun, pendatang baru Toyota Raize bercokol di peringkat ketiga.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa Avanza menjadi kontributor terbesar pada Juli 2021, dengan raihan penjualan sekitar 4.500 unit, diikuti Rush 4.100-an unit, dan Raize 2.800-an unit.

Toyota Avanza, yang pada tahun ini menginjak usia ke-17, tercatat telah meraih penjualan pabrik ke dealer atau wholesales sebanyak 1.869.588 juta unit per Juli 2021. Sementara itu, penjualan ritelnya tembus 1.882.682 unit.

Berikut adalah deretan fitur keselamatan pada Toyota Avanza:

ABS

Teknologi ABS yang telah tersemat pada sistem pengereman Avanza siap memberikan perlindungan dan keselamatan. Fitur ini akan meminimalisir kejadian terkuncinya rem saat mobil harus mengerem mendadak. 

EBD

Teknologi ini juga terdapat pada sistem pengereman Avanza. Tugas electronic brake distribution (EBD) mengatur distribusi tekanan rem di setiap ban sesuai dengan kebutuhannya.

Fitur ini cukup penting, sebab dalam beberapa kondisi, setiap roda memiliki kebutuhan yang berbeda-beda ketika mengerem. EBD bekerja dengan melihat beban yang diemban oleh masing-masing roda. 

Side impact beam

Fitur keselamatan ini berupa palang besi kuat untuk menahan benturan dari arah samping yang diletakan di keempat pintu Avanza. Pemilik mobil ini tidak bisa melihatnya secara langsung kecuali membongkar bagian pintu.

Fitur ini sangat berguna ketika Avanza tabrakan dari samping. Dengan adanya palang besi tersebut maka energi benturan akan terserap cukup banyak dan tidak sampai menjalar ke penumpang. 

Isofix

Isofix merupakan standar internasional untuk sabuk keselamatan khusus anak. Meski Avanza merupakan mobil yang tergolong ekonomis, ternyata fitur Isofix telah hadir di bangkunya. 

Sabuk pengaman tiga titik

Menarik untuk mengamti fitur keselamatan satu ini. Sebab seat belt yang ada di semua kursi Avanza sudah mengusung tipe tiga titik. Artinya, ada 7 buah sabuk pengaman yang terletak di setiap bangku mulai dari bangku baris pertama hingga baris ketiga pada semua tipenya. 

Center head rest

Bukan cuma dilengkapi headrest adjustable di bangku bagian depan, tetapi di kabin Avanza, khususnya pada jok tengah terletak di baris kedua terdapat center headrest. Fitur ini berguna untuk mencegah atau mengurangi cedera pada tulang leher. 

Sensor parkir

Sebagai mobil modern, Avanza sarat akan fitur keselamatan berteknologi kekinian. Salah satunya adalah sensor parkir yang akan memberikan peringatan jika objek belakang mobil sudah dekat dengan tembok atau objek lainnya. 

Dual airbags

Inilah salah satu penunjang keselamatan yang cukup esensial pada Toyota Avanza. Perusahaan telah memberikan dua kantung udara di bagian depan yang akan mengembang secara otomatis saat terjadi Avanza tabrakan. 

Pretensioner & Force limiter

Sabuk keselamatan Avanza tak sekedar "mengikat" tubuh penumpang dan memberi keselamatan saat Avanza tabrakan. Sebab, fitur ini akan otomatis menahan daya dorong akibat benturan. Dengan demikian tubuh penumpang tak bergerak jauh dari sandaran jok.

Pretensioner sendiri merupakan sistem yang akan menahan gaya dorong penumpang dengan segera menarik seatbelt saat terjadi tabrakan. Adapun, force limiter akan mengontrol beban dari sabuk pengaman untuk mengurangi dampak terhadap dada penumpang.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia