Verstappen Kalahkan Hamilton di Sprint Race Jelang GP Inggris

Pebalap tim Red Bull Max Verstappen melakukan selebrasi setelah menjuarai Grand Prix Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (27/6/2021)./Antara - Reuters
18 Juli 2021 09:17 WIB Newswire Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Pembalap tim Red Bull Max Verstappen berhasil mengalahkan juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton di kampung halamannya dengan memenangi sprint race jelang Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone, Sabtu 17 Juli 2021.

Formula 1 menguji format baru pada akhir pekan ini di Silverstone dengan melakukan sprint race yang membuat para pembalap berpacu kompetitif di balapan sepanjang 100 kilometer dengan menggunakan satu set ban tanpa pitstop untuk menentukan posisi start balapan inti pada Minggu 18 Juli 2021 waktu setempat.

BACA JUGA : Verstappen Juara F1 Grand Prix Prancis 

Poin diberikan bagi pembalap yang finis tiga besar. Tiga poin untuk juara, dua untuk runner-up, dan satu untuk peringkat tiga.

Verstappen berhasil tampil dominan di balapan sepanjang 17 putaran itu, setelah start dari baris terdepan. Dia melesat lebih baik dan mencuri posisi pimpinan lomba dari mobil Mercedes Hamilton saat menuju tikungan pertama.

Sejak memimpin lomba, sang pembalap Belanda tak terkejar rival terdekatnya dan finis 1,430 detik di depan Hamilton. Laman resmi Formula 1 mencatat, Valtteri Bottas melengkapi podium di peringkat tiga, 7,502 detik berselang.

Verstappen kini memiliki bekal pole position di GP Inggris pada Minggu untuk mengejar kemenangan keempat secara beruntun di musim ini.

Dengan tambahan tiga poin itu Verstappen memperlebar jaraknya sebagai pemuncak klasemen dengan margin 33 poin dari Hamilton.

Hamilton sendiri sebenarnya memegang rekor impresif di kampung halamannya dengan tujuh kemenangan di Silverstone.

Sementara itu, Red Bull belum terkalahkan di lima balapan terakhir secara beruntun dan bakal menyulitkan Mercedes yang telah memenangi tujuh dari sembilan balapan di Silverstone.

“Saya mengerahkan segalanya hari ini, dukungan ini sangat berarti bagi saya. Besok kami akan coba lagi. Tidak enak rasanya kalah dari P1. Setiap poin berharga,” kata Hamilton yang mendapat dukungan publik tuan rumah hari itu.

Selain itu, Pembalap Ferrari Charles Leclerc akan start di samping Bottas setelah finis P4, sedangkan duet McLaren Lando Norris dan Daniel Ricciardo akan mengawali lomba pada P5 dan P6.

Fernando Alonso yang start dari P11, merangsek dari sisi dalam demi naik enam posisi ke P5 melewati Ricciardo, Norris, dan Perez yang mengambil jalur lebih lebar.

BACA JUGA : Rossi Kecelakaan di Lap 7, Quartararo Juara GP Belanda

Akan tetapi, sang pembalap tim Alpine harus puas finis P7 untuk mengawali balapan seri kesepuluh nanti dari baris ketiga di depan pembalap Aston Martin Sebastian Vettel.

Adapun, George Russell untuk pertama kalinya lolos Q3 dan finis sepuluh besar bersama tim Williams. Sang pembalap Inggris yang disebut-sebut sebagai pembalap masa depan Mercedes akan start dari P9 di depan Esteban Ocon dengan mobil Alpine kedua yang melengkapi peringkat sepuluh besar.

Di lintasan balap, Sergio Perez kehilangan kendali mobilnya saat melaju di Maggotts-Becketts dengan kecepatan tinggi di lap ketujuh. Sang pembalap Meksiko tak mendapati kerusakan berarti di mobil Red Bull-nya, namun kehilangan banyak posisi setelah melorot hingga ke P19 dan finis terakhir.

BACA JUGA : Max Verstappen Raih Pole Position F1 di Red Bull Ring

Perez akan start dari posisi paling belakang setelah duet Haas Mick Schumacher dan Nikita Mazepin.

Berikut hasil sprint race GP Inggris:

  1. Max Verstappen Red Bull Racing 17 Lap
  2. Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 1,430
  3. Valtteri Bottas Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 7,502
  4. Charles Leclerc Scuderia Ferrari Mission Winnow + 11,278
  5. Lando Norris McLaren F1 Team + 24,111
  6. Daniel Ricciardo McLaren F1 Team + 30,959
  7. Fernando Alonso Alpine F1 Team + 43,527
  8. Sebastian Vettel Aston Martin Cognizant Formula One Team + 44,439
  9. George Russell Williams Racing + 46,652
  10. Esteban Ocon Alpine F1 Team + 47,395
  11. Carlos Sainz Scuderia Ferrari Mission Winnow + 47,798
  12. Pierre Gasly Scuderia AlphaTauri Honda + 48,763
  13. Kimi Raikkonen Alfa Romeo Racing Orlen + 50,677
  14. Lance Stroll Aston Martin Cognizant Formula One Team + 52,179
  15. Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing Orlen + 53,225
  16. Yuki Tsunoda Scuderia AlphaTauri Honda + 53,567
  17. Nicholas Latifi Williams Racing + 55,162
  18. Mick Schumacher Uralkali Haas F1 Team + 68,213
  19. Nikita Mazepin Uralkali Haas F1 Team + 77,648
  20. Sergio Perez Red Bull Racing + 1 Lap

Sumber : Antara