Ini 5 Cara Menjaga Bodi Mobil Tetap Mengilap

Performa mobil menentukan keaandalannya saat dipakai menyalip kendaraan lain. - Auto2000
19 Juni 2021 21:17 WIB Dionisio Damara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kerusakan bodi mobil menjadi hal yang sangat dihindari oleh pemilik kendaraan karena perawatannya memakan biaya tidak sedikit.

Sebab itu, pahami cara mencegah kerusakan pada bodi sebelum terjadi permasalahan. Apalagi, di tengah musim hujan, merawat mobil harus lebih intens dilakukan karena air hujan yang mengandung debu dan kotoran dapat merusak bodi jika tidak segera dibersihkan.

Dilansir dari laman resmi Daihatsu, berikut ini adalah cara merawat bodi mobil agar tetap mengilap setiap saat:

1. Rajin Mencuci Mobil

Saat musim hujan, pemilik kendaraan harus rajin mencuci mobil. Jangan biarkan mobil tidak dicuci dalam waktu lama setelah terkena hujan, sebab kandungan air hujan yang mengandung debu dan kotoran dapat membuat bodi mobil lama-kelamaan bisa rusak.

Karat dan jamur bisa timbul jika malas mencuci mobil usai kehujanan. Air hujan juga bisa membekas jika tidak langsung dibersihkan.

2. Berhati-Hati dalam Berkendara

Tips menghindari kerusakan bodi mobil lainnya adalah dengan berhati-hati dalam berkendara. Jika ceroboh dalam mengemudi, bisa-bisa kita menabrak banyak hal sehingga bodi mobil tergores hingga penyok, sehingga biaya perbaikannya begitu mahal.

Dengan berhati-hati selama berkendara, kita otomatis bisa menghindari bahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Alhasil, safety riding sangat dibutuhkan demi menjaga banyak hal.

3. Memilih Cat Berkualitas

Ketika memilih cat dengan kualitas tidak baik, keutuhan bodi mobil tidak bisa bertahan lama. Cat gampang mengelupas hanya karena terkena sinar matahari. Memiliki cat berkualitas tentu bisa menjaga umur penampilan bodi mobil lebih panjang.

4. Menggunakan Sparepart Asli

Memilih spare part bodi mobil harus yang asli. Sebab, jika tidak, sama halnya seperti memilih cat berkualitas rendah, bodi mobil dipastikan mudah rusak. Terlebih, saat ini sudah banyak ditemukan sparepart tidak asli yang dijual dipasaran.

5. Menyemprotkan Silicon Spray

Seperti halnya rajin mencuci mobil usai terkena air hujan, menyemprot silicon spray juga sangat penting. Kali ini tidak sepenuhnya berada di bodi mobil, melainkan di bagian karet yang ada di kaca mobil.

Saat musim hujan, otomatis mobil akan berada di dua kondisi yang tak terhindari, yaitu kehujanan lalu terkena sinar matahari saat hujan reda. Jika hal ini terjadi terus-menerus, karet pada kaca mobil akan tak lentur bahkan cenderung mengeras. Itulah sebabnya penyemprotan silicon spray dibutuhkan.

Sumber : Bisnis.com