Servis Injektor Sepeda Motor Jangan Diabaikan, Ini Alasannya

Ilustrasi motor injeksi. - Honda
25 Mei 2021 14:07 WIB Dionisio Damara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Sepeda motor perlu diservis secara rutin. Salah satu komponen yang perlu dicek secara rutin adalah injektor. Servis injektor motor berperan penting agar performa motor tetap terjaga, serta menghindari motor brebet dan sulit dihidupkan.

Mengutip laman resmi Wahana Honda Motor, Selasa (25/5/2021), setelah injektor motor diservis, pengendara akan merasakan tenaga yang bertambah. Akselerasi kembali normal, jika semula terasa berkurang.

Injektor motor sangat bisa kotor dan tersumbat. Akibatnya, aliran bensin yang diperlukan mesin ikut terhambat. Oleh karena itu, ketika injektor ini dibersihkan saat servis, aliran bensin yang semula tersumbat, bisa kembali lancar.

Berikut ini adalah hal yang dilakukan ketika servis injektor pada motor.

- Membersihkan kotoran

Apabila gangguan pada motor masih terbilang ringan, maka servis injektor ini dilakukan sebatas untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat injektor. Komponen ini berfungsi untuk menyemburkan bensin ke bagian mesin yang membutuhkan.

- Melepas injektor dan memeriksanya

Namun ketika teknisi menemukan ada ‘penyakit’ yang cukup serius pada motor, misalnya brebet atau mesin yang tidak juga menyala meski sudah distarter berulang kali, maka injektor harus dilepas dan diperiksa dengan alat bernama injector tester.

Biaya servis injektor motor diperkirakan tidak sampai Rp200.000. Dengan harga ini, teknisi biasanya sudah sekaligus melakukan tune-up. Jadi, sebelum servis injektor, teknisi akan membersihkan throttle bodi motor dan filter udara.

Sumber : Bisnis.com