Advertisement

Servis Injektor Sepeda Motor Jangan Diabaikan, Ini Alasannya

Dionisio Damara
Selasa, 25 Mei 2021 - 14:07 WIB
Nina Atmasari
Servis Injektor Sepeda Motor Jangan Diabaikan, Ini Alasannya Ilustrasi motor injeksi. - Honda

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Sepeda motor perlu diservis secara rutin. Salah satu komponen yang perlu dicek secara rutin adalah injektor. Servis injektor motor berperan penting agar performa motor tetap terjaga, serta menghindari motor brebet dan sulit dihidupkan.

Mengutip laman resmi Wahana Honda Motor, Selasa (25/5/2021), setelah injektor motor diservis, pengendara akan merasakan tenaga yang bertambah. Akselerasi kembali normal, jika semula terasa berkurang.

Advertisement

Injektor motor sangat bisa kotor dan tersumbat. Akibatnya, aliran bensin yang diperlukan mesin ikut terhambat. Oleh karena itu, ketika injektor ini dibersihkan saat servis, aliran bensin yang semula tersumbat, bisa kembali lancar.

Berikut ini adalah hal yang dilakukan ketika servis injektor pada motor.

- Membersihkan kotoran

Apabila gangguan pada motor masih terbilang ringan, maka servis injektor ini dilakukan sebatas untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat injektor. Komponen ini berfungsi untuk menyemburkan bensin ke bagian mesin yang membutuhkan.

- Melepas injektor dan memeriksanya

Namun ketika teknisi menemukan ada ‘penyakit’ yang cukup serius pada motor, misalnya brebet atau mesin yang tidak juga menyala meski sudah distarter berulang kali, maka injektor harus dilepas dan diperiksa dengan alat bernama injector tester.

Biaya servis injektor motor diperkirakan tidak sampai Rp200.000. Dengan harga ini, teknisi biasanya sudah sekaligus melakukan tune-up. Jadi, sebelum servis injektor, teknisi akan membersihkan throttle bodi motor dan filter udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil South Korea U-23 vs Indonesia U-23 Bawa Garuda Muda ke Semifinal, Begini Cara Erick Thohir Memotivasi Pemain di Ruang Ganti

Sepakbola
| Jum'at, 26 April 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement