Kampas Aus hingga Teknik Mengemudi, Ini 5 Penyebab Rem Blong

Rem berdecit. Jika dibiarkan terlalu lama, kondisi ini akan berisiko membahayakan keselamatan Anda saat berkendara. Untuk itu, sebaiknya Anda segera membersihkan oli yang menempel pada cakram rem. - ANTARA
16 Mei 2021 11:17 WIB Dionisio Damara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kondisi rem blong pada mobil bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan raya, apalagi di saat tengah menjalani libur Lebaran 2021 banyak perjalanan di dalam kota yang dilakukan.

Sebagai salah satu sistem keselamatan paling penting, pengereman harus berfungsi dengan maksimal setiap digunakan. Namun, ketika rem ambles atau sudah blong, maka sistem pengereman tidak mampu bekerja dengan baik, bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Menurut Auto2000, total ada lima penyebab dari masalah rem blong. Mobil yang jarang dirawat atau diservis secara berkala, maka hanya perlu menunggu waktu saja hingga masalah ini muncul. Berikut adalah barisan penyebabnya:

1. Kurang Minyak Rem

Penyebab pertama dari masalah rem blong adalah kekurangan minyak rem. Kondisi ini membuat sistem pengereman mobil menjadi semakin sulit untuk dikendalikan. Hasilnya, ketika mobil melaju dan ingin dihentikan, maka rem tidak akan bekerja maksimal.

Mobil menjadi sulit berhenti, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan ketersediaan minyak rem dalam kondisi yang cukup

2. Kualitas Minyak Rem Buruk

Minyak rem terdiri dari berbagai macam merek. Tentu saja hal ini membuat kualitas yang dihadirkan juga berbeda-beda. Kondisi ini membuat Anda harus menggunakan kualitas minyak rem yang baik.

Menggunakan minyak rem dengan kualitas buruk, sudah pasti dapat memengaruhi ketahannya akan suhu. Panasnya gesekan akibat pertemuan rem bisa menjadi lebih tinggi di atas tingkat kewajaran dan membawa masalah jika kualitas minyak remnya tidak memenuhi standar.

3. Dipengaruhi Uap Air

Uap air juga bisa menjadi penyebab dari rem blong. Ketika ada udara masuk ke dalam sistem pengereman, maka muncul uap air. Uap air ini dihasilkan dari proses oksidasi. Ketika dibiarkan terus menerus, uap air mampu membuat minyak rem terasa panas.

Ketika minyak terasa panas, sistem pengereman pun terganggu sehingga tekanan di dalamnya turun yang mengakibatkan rem tidak bisa berfungsi optimal.

4. Sering Menginjak Pedal Rem Terlalu Lama

Teknik mengemudi menginjak pedal rem terlalu lama dapat menyebabkan blong. Masalah ini muncul karena adanya gaya gesek antara pedal dengan kaki secara terus menerus. Akibatnya, kaliper pun menjadi panas dalam jangka waktu yang lama. Kaliper yang terus panas membuat rem mengalami disfungsi hingga akhirnya bisa menjadi blong.

5. Jarang Dirawat sehingga Kampas Rem Tipis

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jarang merawat sistem pengereman juga mampu menyebabkan masalah blong. Perawatan sistem pengereman memang tidak boleh terlewatkan. Fitur kampas dan komponen ini sangat penting dalam menjaga keselamatan diri Anda beserta keluarga selama berkendara.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia