Awas! 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Rem Sepeda Motor Blong

Mengisi minyak rem pada sepeda motor. - Suzuki
13 April 2021 23:17 WIB Dionisio Damara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Rem menjadi salah satu komponen yang berperan penting dalam hal keamanan serta kenyamanan. Oleh sebab itu, perhatikan sejumlah hal yang dapat membuat rem kehilangan fungsinya.
 
Dikutip dari laman Suzuki, Selasa (13/4/2021), ada sejumlah hal yang dapat menyebabkan rem blong. Rem motor yang blong akan sangat membahayakan penggunanya, terlebih jika sedang berada di jalanan menurun dan lalu lintas sedang ramai.
 
Berikut penyebab rem blong agar Anda bisa lebih berhati-hati dalam berkendara:
 
1. Pasokan Minyak Rem Kurang

Minyak rem harus benar-benar diperhatikan kondisinya. Akan tetapi, belum banyak orang yang paham kapan waktu yang dianjurkan untuk mengganti minyak rem. Pada umumnya, minyak rem harus dilakukan penggantian setidaknya 1 tahun sekali.

Namun sebelum satu tahun, ada baiknya minyak rem dicek kondisinya secara berkala. Hal tersebut sangat perlu dilakukan agar bisa mengetahui bagaimana kualitas dan kuantitas minyak rem motor Anda. Handle rem bisa mengalami blong jika minyak rem memiliki kualitas yang buruk dan jumlahnya kurang.
 
2. Kanvas Rem Aus

Penggantian minyak rem memang sebaiknya dilakukan setiap 1 tahun sekali. Akan tetapi, apabila ketika dicek dan sebelum  setahun kondisi minyak rem ternyata jumlahnya kurang, maka perlu dicurigai kondisi kanvasnya.

Kanvas yang sudah mulai aus akan menyebabkan minyak rem cepat habis. Jika keadaan tersebut dibiarkan, kanvas akan semakin tipis dan motor Anda akan kehabisan minyak rem. Hal tersebut sangat berbahaya apabila motor digunakan untuk melalui jalanan menurun.
 
3. Master Rem Bocor

Handle rem motor bisa jadi blong karena master rem bocor. Mungkin saja karet seal yang terdapat pada bagian piston sudah aus karena termakan usia, sehingga master rem mengalami kebocoran.

Apabila mendapati master rem motor mengalami kebocoran, sudah tentu angin tidak dapat ditekan dan secara otomatis kecepatan motor tidak akan turun. Sekalipun rem bisa ditekan, biasanya terasa blong. Namun pada beberapa keadaan, rem juga bisa terasa sangat keras.
 
4. Suhu Peranti Pengereman Terlalu Panas

Penyebab rem bisa blong yang tak kalah penting adalah peranti pengereman suhunya terlalu panas. Peranti pengereman yang dimaksud adalah yang berada pada bagian master rem maupun selang minyak rem

Apabila peranti-peranti pengereman tersebut suhunya terlalu panas, kualitas rem akan mengalami penurunan. Selain itu, selang minyak rem dan karet seal juga akan cepat mengalami aus, sehingga memberikan dampak rem motor terasa blong.

5. Aliran Minyak Rem Tersumbat

Jika saluran minyak mengalami penyumbatan, tekanan hidrolis ke bagian sistem pengereman tentunya tidak bisa terjadi. Akibatnya, motor akan lepas kendali meskipun rem telah ditekan dalam-dalam.

Penyumbatan pada aliran minyak rem biasanya disebabkan oleh kotoran. Lubang suplai hanya berukuran 1-2 mm. Jika ada kotoran sedikit saja yang masuk, sudah tentu akan mengganggu aliran minyak rem.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia