Jepang Bakal Mulai Operasikan Mobil Terbang, Aturan Disiapkan

Mobil terbang PAL/V Liberty. PAL/V Liberty
10 Maret 2021 10:27 WIB Rezha Hadyan Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah Jepang bakal memulai penggunaan mobil terbang. Negara ini diketahui tengah menyiapkan aturan sebagai bagian dari persiapan beroperasinya sarana angkutan masa depan itu.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Rabu (10/3/2021), Kementerian Perhubungan Jepang menyatakan akan mendirikan kantor guna mengintegrasikan sejumlah pekerjaan terkait kendaraan terbang, termasuk menyiapkan aturan terkait.

Pemerintah berencana mewujudkan penggunaan nyata mobilitas udara generasi berikutnya pada 2023. Kantor tersebut akan mulai beroperasi pada 1 April mendatang.

Baca juga: 2020, Sebanyak 23.529 Orang Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

Mobil-mobil terbang bertenaga listrik akan menggunakan berbagai teknologi yang terkait dengan wahana tak berawak.

Para pejabat berharap kendaraan tersebut akan meningkatkan logistik dan mengurangi kemacetan. Kendaraan itu juga bisa menjadi cara guna menjangkau pulau-pulau terpencil dan kawasan yang sedikit penduduknya.

Kantor tersebut akan mempelajari standar keselamatan kendaraan-kendaraan itu dan keahlian yang diperlukan untuk menjadi pilotnya. Kantor itu akan menyusun sistem untuk mendaftarkan kendaraan serta mengendalikan operasinya.

Baca juga: Sandiaga Uno Punya 5 Strategi Bangkitkan Industri Perfilman. Apa Saja?

Penggunaan mobil terbang sebagai alat transportasi di sejumlah negara nampaknya mulai disiapkan. Sebelumnya, Inggris diketahui tengah membangun bandara pertama di dunia khusus untuk kendaraan mobil terbang berenergi listrik.

Menurut World Economic Forum, bandara mobil terbang tersebut dibangun di dekat Kota Conventry dan ditargetkan beroperasi akhir 2021.

Bandara ini dibangun untuk mewujdukan konsep hub tanpa emisi untuk moda transportasi masa depan.

Sumber : Bisnis.com