Target Terjual 1.000 Unit, Honda City Hatchback Optimistis Gantikan Pasar Jazz

Penampilan Honda City Hatchback/Ist
05 Maret 2021 06:47 WIB Sunartono Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Honda meluncurkan varian baru hatchback berupa Honda City Hatchback RS dengan fitur yang lebih canggih di kelasnya. Produk terbaru yang digadang bisa menggantikan pasar Honda Jazz ditarget dapat terjual 1.000 unit selama 2021 untuk DIY dan Jawa Tengah.

Sales and Aftersales Director of Honda Semarang Center Sumantri menjelaskan Honda City Hatchback ini akan menjadi penerus Honda Jazz. Namun dari sisi fitur dan teknologi memiliki banyak keunggulan dibandingkan Honda Jazz. Ia optimistis produk baru ini bisa menggantikan Honda Jazz karena fitur dan tampilan lebih sporty, dinamis yang sangat cocok dengan karakter yang diminati anak muda.

“Kalau dulu pilihan Honda Jazz sekarang bisa naik kelas dengan pilihan Honda City Hatchback yang lebih energik, ini kami yakin bisa menggantikan posisi Jazz,” terangnya Kamis (4/3/2021).

Untuk harga saat ini belum bisa dipublikasikan karena unit kendaraan baru ada pada April 2021 mendatang, sehingga tahap ini baru menerima pemesanan. Meski harga belum dipublikasikan tetapi ia meyakini Honda City Hatchback akan tetap laku di pasaran karena merupakan produk terbaru. Informasi terkait spesifikasi kendaraan sudah mulai dishare ke publik sehingga dapat diketahui

Sumantri mengatakan Honda City Hatchback ini belum mendapatkan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) karena harganya masih dalam proses penghitungan. “Apakah mendapatkan fasilitas PPnBM atau tidak, saat ini masih dihitung, belum mendapatkan informasi pasti, karena pengumuman harga pada April 2021 mendatang,” katanya.

Dalam catatannya Honda Jazz di DIY Jateng mampu menguasai market share hingga 60% sehingga Honda City Hatchback diharapkan memiliki market serupa karena di kelas yang sama. “Maka target kami sekitar 1.000 unit untuk di 2021 ini bisa terjual harapannya seperti itu. Kami optimistis karena fiturnya canggih dan bisa mengikuti pasar dari Jazz,” ujarnya.

Eddy Haryanto Operation Manager Honda Semarang Center mengatakan pemesanan unit sudah dimulai sejak Kamis (4/3/2021). Ia meyakini para peminat segmen Hatchback seperti Honda Jazz masih banyak dan kemungkinan berminat dengan Honda City Hatchback. Jumlah pemesan segmen Hatchback pada periode Januari tercatat 60 orang untuk Jateng dan DIY.

“Dari 60 pemesan itu pasti ada yang memiliki City Hatchback, paling tidak sekitar 50 persen yang beralih. Sehingga diperkirakan sekitar 30 orang yang memesan pada masa launching ini,” katanya.

Training and Development Section Head Honda Semarang Center Yoga menambahkan Honda City Hatchback RS memiliki mesin yang digunakan pada Honda City Hatchback ini merupakan mesin baru 1.500 cc menggunakan konsep DOHC. Honda City Hatchback RS dibekali transmisi CVT & 6 M/T yang didukung oleh 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW. Untuk transmisi manual dilengkapi dengan enam speed. Dapur pacu ini menghasilkan 121PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm.

Mesin ini lebih bertenaga sejak putaran mesin rendah dan mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Sehingga bahan bakar lebih hemat. “Sangat cocok untuk generasi muda di perkotaan,” ujarnya.

Bagian depan dan belakang sangat sporty, memakai lampu yang Sebagian besar LED sehingga tidak hanya modern, mewah namun juga daya listriknya rendah. Selain itu lampu dibekali fitur yang membuat lampu mobil secara otomatis mati sendiri ketika lupa mematikan setelah jeda waktu 15 detik. Adapun dari segi tampilan, eksterior Honda City Hatchback RS menerapkan cutting edge design dengan garis karakter yang kuat dan desain lampu terkini dengan Full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars.

Ada enam pilihan warna, ada warna baru pertama kali dikenalkan di Honda di antaranya Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan varian warna terbaru adalah Meteoroid Gray Metallic. “Kualitas interior bagus, bahannya campuran jadi sangat sporty,” ucapnya.