Mengenal 10 Generasi Honda Civic

Honda Civic - istimewa
27 Februari 2021 16:47 WIB Desyinta Nuraini Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Honda Civic menjadi salah satu mobil yang digemari pecinta otomotif di Indonesia sejak kehadirannya pada 1972. Bahkan tak sedikit yang mencari generasi tua dari sedan kompak yang populer di dunia selain Toyota Corolla ini.

Selama hampir setengah abad, terdapat 10 generasi Honda Civic yang diciptakan Honda Motor tersebut. Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan Honda Civic pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 1976, dengan varian hatchback 5 pintu bermesin 1.3 L.

Civic generasi pertama yang diproduksi pada 1973-1979 ini populer di Indonesia dengan nama Civic Koper lantaran bagasi belakangnya ketika dalam posisi terbuka mirip seperti koper. Mobil ini juga mendapat julukan Civic Bongkok lantaran bagian belakangnya mirip orang membungkuk. Honda Civic berkode SB1 tersebut menjadi mobil bertransmisi otomatis pertama yang dijual resmi di Tanah Air.

Setelah itu, Billy menuturkan Honda Civic generasi kedua mulai diperkenalkan di Indonesia pada 1980. Tiga tahun diproduksi, bentuknya sedikit lebih besar dan lebih membulat dari pendahulunya dengan garis desain yang tak jauh berbeda. Varian bertransmisi otomatis tak lagi hadir di Indonesia pada Civic berkode SB2 ini.

Pada 1984, generasi ketiga dari Honda Civic versi sedan dan versi hatchback 3 pintu diperkenalkan, yang kemudian lebih dikenal dengan nama Civic Wonder lantaran bentuknya yang mirip dengan setrika, terutama di bagian belakangnya yang rata dari atas hingga bawah.

"Civic Wonder merupakan salah satu model Honda Civic yang sukses di pasar otomotif dunia, termasuk Indonesia dan melegenda hingga sekarang," ujar Billy kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Honda Civic sedan generasi keempat dikenal dengan nama Civic Grand dan versi coupe dengan Civic Nouva diluncurkan pada 1988. PT Imora Motor selaku distributor tunggal Honda di Indonesia kembali menghadirkan varian dengan transmisi otomatis pada versi Civic generasi keempat ini.

Civic generasi keempat ini, terutama versi sedannya banyak dicari oleh penggemar mobil lawas di Tanah Air lantaran modelnya dinilai abadi atau tak ketinggalan zaman

Generasi kelima diluncurkan pada 1992. Bentuknya sudah membulat. Versi sedannya disebut sebagai Civic Genio sedangkan hatchback-nya dikenal dengan nama Civic Estilo yang hingga kini jadi buruan kolektor otomotif lantaran bentuknya yang cantik dan ruang mesinnya yang besar.

"Dilanjutkan dengan generasi keenam atau Civic Ferio pada tahun 1996," tutur Billy.

Sementara Honda Civic generasi ketujuh (2001), generasi kedelapan (2006), generasi kesembilan (2012) semakin memantapkan posisi Honda Civic sebagai sedan sporty dengan teknologi terdepan. Honda Civic generasi kesepuluh diluncurkan pada 2016, dilanjutkan dengan kembalinya Honda Civic Hatchback Turbo pada tahun yang sama, dan Civic Type R pada 2017.

Hingga saat ini, Honda Civic terus memiliki segmen konsumen loyal dan angka penjualan yang positif. Billy menerangkan hingga 2020, Honda Civic berhasil mengumpulkan penjualan total sebesar lebih dari 120.000 unit di Indonesia, dan terus menguasai pangsa pasar yang signifikan di kelasnya.

Sementara itu, Billy menerangkan walaupun Honda tidak lagi menjual suku cadang bagi Civic yang sudah "jadul", masih banyak komunitas yang saling bertukar informasi mengenai perawatan dan penyediaan suku cadang untuk mobil tersebut.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia