Advertisement

Tips Melindungi Mobil Saat Cuaca Ekstrem

Wibi Pangestu Pratama
Senin, 22 Februari 2021 - 07:27 WIB
Nina Atmasari
Tips Melindungi Mobil Saat Cuaca Ekstrem Banjir merendam ruas jalan di kawasan Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (21/9/2020) malam. - Antara/BPBD DKI\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Indonesia sedang dilanda cuaca ekstrem di berbagai wilayah yagn berpotensi terjadinya banjir sehingga dapat menjadi risiko bagi kendaraan dan harta benda. Proteksi mobil melalui asuransi dapat menjadi salah satu cara memitigasi risiko yang ada.

Direktur Utama PT MNC Asuransi Indonesia (MNC Insurance) Sylvy Setiawan menjelaskan bahwa Indonesia kembali mengalami cuaca ekstrem memasuki bulan kedua 2021. Curah hujan yang tinggi di berbagai kota menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir sehingga menghambat berbagai kegiatan masyarakat dan membawa risiko.

Advertisement

“Tentu saja banjir adalah sebuah musibah bagi pemilik aset. Pada awal 2020, klaim yang kami terima dikarenakan banjir mencapai nilai yang sangat besar. Memang kita tidak dapat memprediksi kapan terjadinya banjir sehingga hal yang paling tepat dalam hal ini adalah merencanakan dari sebelumnya berupa perlindungan untuk menghindarkan dari pembayaran kerugian,” ujarnya melalui keterangan resmi pada Minggu (21/2/2021).

Sylvy menyebut salah satu yang mengalami kerugian karena banjir adalah pemilik kendaraan bermotor karena dapat berakibat fatal bagi kondisi mobil. Pemilik pun harus mengeluarkan sejumlah dana dadakan untuk perbaikan mobilnya padahal di masa pandemi ini mobil menjadi pilihan moda transportasi utama.

Dia menyarankan agar para pemilik kendaraan bermotor untuk memiliki proteksi asuransi mobil agar risiko finansial dari kerusakan mobil dapat dimitigasi. Saat hendak memilih asuransi untuk mobil, pemilik harus memastikan bahwa produk itu memiliki jaminan atas risiko banjir.

"Apabila kemudian terjadi banjir, maka anda dapat mengajukan pelaporan klaim untuk perbaikan mobil,” imbuhnya.

MNC Insurance menawarkan kemudahan proteksi dan pelayanan untuk mobil melalui HARIO, asuransi online atau daring dari MNC Insurance. Dalam layanan tersebut, pemilik kendaraan dapat membeli produk Asuransi Mobil MNC Total Care.

Selain asuransi Mobil, HARIO juga menawarkan berbagai produk asuransi sesuai dengan kebutuhan masyarakat mulai dari asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi kecelakaan diri personal dan keluarga, asuransi rumah tinggal, hingga asuransi perjalanan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat banjir melanda dan menggenangi mobil, yakni:

1. Pastikan Anda mengambil foto dokumentasi kondisi mobil

2. Jangan menyalakan mesin mobil

3. Lepaskan rem parkir (Gigi 1 pada mobil manual dan P pada mobil matic)

4. Derek mobil ke bengkel terdekat

5. Segera hubungi perusahaan asuransi untuk pelaporan klaim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jelang Pertandingan Timnas vs Vietnam untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ini Kata Ramadhan Sananta

Sepakbola
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement